X

Thursday, April 4, 2019

Cara Pemasangan Codeigniter untuk Pemulan


Hai sobat sekalian kali ini saya akan berbagi seputar framework PHP yang sudah tidak asing lagi. Codeigniter adalah framework PHP yang akan kita bahas dalam postingan ini. Penjelasan tentang Codeigniter telah saya bahas dalam postingan sebelumnya Mengenal Apa itu Codeigniter (CI) beserta Sejarahnya.

Untuk anda para pemula yang baru memulai dari awal belajar menggunakan Codeigniter ada beberapa langkah yang harus anda lakukan di antaranya yaitu :

  • Melakukan penginstalan XAMP yaitu sebuah aplikasi yang akan menjadi server. Klik disini untuk download
  • Download Codeigniter disini.
Tentunya anda sudah tahu bukan cara penginstalan XAMP jadi tidak perlu saya terangkan lagi. Jika di perangkat anda sudah ada XAMPP selanjutnya silahkan download file Codeigniter melalui link yang saya sematkan di atas. File hasil downloatan nantinya akan berupa extensi ".zip". Silahkan extract file tersebut ke dalam directory XAMP yaitu "C:\xampp\htdocs", itu adalah direktori default dari XAMP. Silahkan sesuaikan direktori dengan penyimpanan anda.

Bila anda telah selesai mengextract Codeigniter ke dalam folder XAMP anda selanjutnya silahkan ganti nama foldernya sesuai keinginan anda misalnya "BelajarCodeigniter".



Kurang lebih anda akan mendapatkan tampak folder seperti di atas. Selanjutnya mari kita test untuk menjalankan melalui browser. Sebelumnya silahkan aktifkan Apache dan Mysql pada aplikasi XAMP anda.

Silahkan buka browser anda bisa Mozilla Firefox, Chrome , atau Opera.

Pada address bar silahkan ketikkan "localhost/BelajarCodeigniter", jika sukses maka anda akan mendapatkan tampilan seperti pada gambara di bawah.



Itu pertanda pemasangan Codeigniter telah berhasil dan siap untuk digunakan. Untuk langkah selanjutnya silahkan anda ikuti : Cara Merubah, Membuat, dan Menampilkan Halaman dengan Codeigniter.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment