X

Sunday, September 29, 2019

Pengertian Framework beserta kelebihan dan kekurangannya



Framework merupakan istilah yang mengacu pada perangkat lunak yang memudahkan programer dalam membuat sebuah aplikasi seperti web, aplikasi mobile, maupun aplikasi desktop. Dikatakan mmemudahkan sebab di dalam Framework biasanya terdapat plugin / library, yang bisa digunakan oleh programer tanpa harus membuat pengkodean lagi. Misalnya programer web yang menggunakan Framework Codeigniter, untuk mengakses database programer hanya tinggal mengaturnya pada "aplication -> config -> database.php" tanpa harus membuat kode koneksi ke database lagi.

Selain itu Framework juga memiliki sistem yang tersusun rapih, sehingga memudahkan programer apabila mengerjakan project dalam satu tim.

Kelebihan Framework


Berikut beberapa kelebihan framework yang bisa pengguna rasakan :

1. Lebih cepat dan efisien

Lebih cepat dan efisien ini dikarenakan di dalam framework sudah terdapat plugin seperti yang sudah dijelaskan di atas.

2. Menghemat biaya

Sebagian besar framework bersifat open source dan gratis. Contohnya seperti Codeigniter, Node js, Ionic, dan masih banyak lagi.

3. Memperhatikan faktor keamanan.

Keamanan menjadi nilai tambah suatu aplikasi yang ingin di pasarkan. Sebagai orang awam yang berperan sebagai konsumen tentunya sangat memperhatikan keamanan. Karena kebanyakan Framework populer di bersifat open source, maka bug ataupun masalah keamanan sudah banyak di perbaiki dari waktu ke waktu.




Kekurangan Framework 

Dimana ada kelebihan disitu tentu ada kelemahan atau kekurangan. Berikut beberapa kekurangan menggunakan framework untuk membangun aplikasi :




1. Memiliki batasan

Dalam Framework ada beberapa batasan yang tidak dapat dimodifikasi sesuai keinginan anda. Hal ini membuat anda mau tidak mau harus mengguanakan standar yang telah di tentukan.

2. Membuat programer kurang kreativ

Kurang kreatif disini dikarenakan programer disuguhi plugin-plugin yang membuat mereka kurang kreativ dalam membuat kode sendiri. Bahkan untuk sebagian programer, tidak akan paham bagaimana kerangka kerja bagaimana plugin itu bisa bekerja, mereka hanya mengetahui hasil akhirnya saja.

3. Kode bersifat publik

Kode yang bersifat publik akan memudahkan untuk programer-programer yang berniat jahat untuk mencari kelemahan suatu Framework. Apalagi jika aplikasi yang dibuat oleh seorang pemula dalam menggunakan framework, akan sangat rawan menjadi mangsa para programer senior.

Itulah beberapa kelemahan dan kekurangan Framework beserta pengertiannya, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

1 comment: