X

Tuesday, July 28, 2020

Inilah Perbedaan Bahasa C dengan C++


Bahasa C dan C++ merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa C dikembangkan oleh Dennis Ritchie (seorang ilmuan komputer yang juga membuat sistem operasi Multics dan Unix) bersama Brian Kernighan (ahli komputer sekaligus rekan kerja Dennis di Bell Laba).

Sedangkan bahasa C++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup yaitu seorang ilmuwan komputer dan profesor di Texas A&M University. Bahasa C++ merupakan turunan dari bahasa C yang mana awalnya dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem Unix.

Meski C++ tergolong keturunan dari bahasa C akan tetapi kedua bahasa pemrograman ini berbeda. Berikut beberapa perbedaan antara C dengan C++.

1. Bahasa C bersifat prosedural ( dilakukan dengan memberikan serangkaian perintah yang berurutan. Sedangkan bahasa C++ bersifat pemrograman object oriented (OOP).

2. Bahasa C memiliki kecepatan pemrosesan yang lebih cepat dibandingkan C++. Bahasa C bahkan menjadi bahasa ke 2 tercepat setelah Assembly.


3. Bahasa C banyak digunakan untuk membangun OS atau sistem Operasi sedangkan C++ lebih diperuntukkan membangun perangkat lunak yang berjalan di OS.

4. Perbedaan utama bisa kita lihat pada penulisan kodenya. Sebagai contoh disini kita akan membuat program yang menampilkan "Hello World!" Dengan c++ dan C.

C

#include <stdio.h>

int main (){
    printf ("Hello World!");
    return 0;
}

C++

#include <iostream>

int main() {
  cout<<"Hello World!";
  return 0;
}

Dari kode di atas kita dapat melihat bahasa C menampilkan string dengan menggunakan printf sedangkan pada C++ menggunakan perintah cout.

Itulah beberapa perbedaan antara bahasa C dengan C++, semoga artikel ini membantu serta menambah wawasan pembaca.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment