X

Tuesday, December 29, 2020

Menghilangkan Index.php pada url Codeigniter

Bagi anda pengguna baru Codeigniter mungkin risih dengan adanya embel-embel index.php pada url ketika hendak mengakses controller lain. Misalnya url yang di inginkan adalah http://localhost/webku/auth/login namun yang dapat di akses adalah http://localhost/webku/index.php/auth/login.

Untuk menghilangkan embel-embel index.php ini sangat mudah anda bisa menggunakan bantuan .htaccess, untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah di bawah :

Langkah pertama buka dan edit file config.php pada directory application/config/config.php kemudian cari "$config['index_page'] = 'index.php';" dan hilangkan index.php sehingga menjadi "$config['index_page'] = '';".

Langkah kedua buat file baru dengan nama .htaccess di directory utama project anda, kemudian isi file tersebut dengan kode dibawah :

RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]
Langkah ketiga , silahkan tes dengan mengakses url yang awalnya terdapat embel-embel index.php, sekarang hapus index.php tersebut pada url. Jika berhasil maka website akan menampilkan sesuai dengan yang di inginkan.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment