X

Friday, June 17, 2016

Cara Mengatasi Laptop yang Lemot




Hallo sobat sekalian kali ini admin mau bahas nih tentang Cara mengatasi laptop yang lemot, pasti sobat yang baca artikel ini pasti lagi bingung nih kenapa laptopnya lemot banget. Ada banyak hal yang menyebabkan ternyadinya kelemotan pada laptop, ada yang karena perangkat kerasnya , ada yang karena software atau perangkat lunaknya dan ada pula yang karena memang penggunanya yang lemot hehehe tapi bukan sobat yang admin maksud.
Oke untuk beberapa kejadian yang sering menjadi penyebab lemotnya kinerja laptop adalah :

1.      Terlalu Banyak Program/Aplikasi yang terinstall
Komputer/Laptop yang baru biasanya sudah terisi banyak sekali program yang tidak pernah sobat gunakan. Bahkan sobat mungkin tidak tau kalau ternyata program/aplikasi tersebut ada. Beberapa program bahkan juga berjalan dibelakang layar ketika sobat memakai laptop/komputer, walaupun tidak sobat tidak menggunakan aplikasi tersebut. Contohnya saja aplikasi Antivirus. Selain itu, jika sobat sering berselancar di internet dan mendownload aplikasi , terutama aplikasi bajakan, terkadang aplikasi tersebut juga membawa aplikasi baru yang ikut terinstal. Misal ketika saya menginstal aplikasi CamStudio, ternyata ada beberapa aplikasi yang tidak saya ketahui, ikut terpasang di laptop saya. Hal ini tentunya menimbulkan kinerja laptop/ komputer menjadi tidak baik sehingga terjadilah laptop / komputer lemot. Solusi dari masalah ini adalah, dengan meng-uninstall atau mencopot program yang sudah terpasang. Caranya silakan klik Start lalu pilih Control Panel. Jika sobat menggunakan Windows 8/10, untuk mengakses Control Panel silakan klik kanan di desktop dan pilih Personalize. Setelah itu klik Control Panel Home.

Cara Memperbaiki Laptop / Komputer yang Lemot Agar Cepat Pastikan pada view by terpilih Category. Setelah itu lihat disebelah kiri bawah, klik pada tulisan Uninstall a program. Maka akan terlihat daftar aplikasi yang terinstal. cara uninstall program agar komputer laptop tidak lemot Klik menu Install, maka aplikasi ini akan berjejer sesuai dengan tanggal instalasinya. Aplikasi yang berada di deretan atas adalah aplikasi yang diinstal baru baru ini. Coba sobat lihat aplikasinya, apakah sobat merasa pernah menginstall aplikasi tersebut ? jika tidak maka silakan klik pada aplikasinya, klik kanan lalu pilih uninstall. Ada juga aplikasi yang berguna untuk menguninstall/mencopot program sampai keakar akarnya. Aplikasi ini bernama Revo Uninstaller Pro. Silakan mencarinya di google jika penasaran. Oh ya, aplikasi ini adalah aplikasi berbayar, tapi sobat bisa mencoba versi trialnya selama beberapa hari.

2.      Menjalankan Lebih dari Satu Aplikasi Secara Bersamaan
Windows memang dirancang untuk melakukan aktivitas multitasking. Multitasking adalah mengerjakan lebih dari satu aktivitas secara bersamaan. Logikanya, jika melakukan 2 aktitas secara bersamaan maka kita tidak akan maksimal, tenaga dan konsentrasi akan terbagi menjadi dua. Begitu juga dengan laptop/komputer. Jika sobat mencoba membuka aplikasi Micorosoft Powerpoint, Adobe Photoshop, Mozilla Firefox sambil menonton film maka jelas saja PC menjadi lambat, kecuali PC sobat mempunyai spesifikasi yang tinggi. Cara mengatasi masalah ini tentu saja dengan menggunakan program seperlunya saja. Tutup program yang tidak sedang digunakan.

3.      Banyak File Sementara yang Tersimpan Ketika komputer menjalankan program,

 mengakses halaman web, dsb, file file sementara dibuat dan disimpat di hardisk. Lama lama file ini akan menumpuk dan membuat avalaibel space di hardisk berkurang. Menghapus file file sementara termasuk browser history dan cookies, dapat membuat space di hardisk menjadi lebih longgar dan PC menjadi lebih cepat. Cara menghapus file sementara bisa dengan menggunakan Windows Disk CleanUp. Caranya silakan klik Start > Run. Bisa juga dengan menekan kombinasi keyboard Windows Key + R . Windows Key adalah tombol yang bergambar jendela, terletak di sebelah kiri bawah keyboard. Setelah jendela Run terbuka, ketik cleanmgr . Lalu Ok. Tunggu sebentar, windows akan menganalisa berapa file yang bisa dihapus. Tunggu sampai muncul jendela berikut ini cara disk cleanup windows Pilih mana saja yang ingin dihapus. Dalam contoh ini saya akan menghapus semuanya jadi saya mencentang semuanya. Klik OK dan tunggu proses penghapusan selesai. Selain menggunakan Disk Cleanup, sobat juga bisa menghapus file sementara secara manual. Untuk menghapus file sementara secara manual, buka Windows Explorer dan masuk ke Drive C. Pilih Folder Windows > Temp. Hapus semua file yang ada didalam folder Temp. Setelah itu pastikan sobat membuka Recycle Bin, klik kanan dan pilih Empty Recycle Bin.

4.      Terlalu banyak File di Hardisk

Walaupun sudah menghapus file sementara, tidak akan memberikan efek yang besar kalau ternyata hardisk sobat berisi banyak sekali file sehingga kapasitasnya tinggal sedikit. Jika avalaible space (ruang kosong) di hardisk sobat hanya tersisa kurang dari 3gb maka jelas saja kinerja komputer akan berkurang bahkan lambat. Hal ini terjadi di laptop saya, banyak sekali file file penting yang membuat hardisk saya hampir penuh. Cara mengatasi masalah ini ada 3. Yang pertama dengan menghapus file. Coba cari file file besar yang tidak berguna, atau file duplikat (2 file yang sama), lalu hapus. Jika semua file dirasa penting dan sobat tidak tega untuk menghapusnya, cobalah dikompress menggunakan aplikasi pengkompress seperti Winrar (berbayar) atau saya sarankan 7zip (gratis). Software ini akan mengurangi ukuran dari file. Memang ada aplikasi yang lebih ekstrim lagi yaitu KGB Archiver. Banyak yang bilang kalau aplikasi ini bisa mengompress file 1GB menjadi 1MB. Namun itu BOHONG ! jangan percaya dengan hal ini. Saya sudah mencobanya namun filenya hanya berkurang 1mb. Misal file 126mb menjadi 125mb. Aplikasi ini juga memiliki banyak bug/gangguan. Salah satunya adalah terkadang ada file yang sudah dikompress, ketika ingin digunakan lagi malah tidak bisa/corrupt. Tidak heran jika pengembangan aplikasi ini sudah dihentikan. Cara yang ketiga adalah dengan memindahkan file file penting di laptop/komputer sobat ke usb drive seperi flashdisk, atau bahkan hardisk eksternal. Dengan begini maka sobat tidak usah takut kehilangan file. Namun sobat juga harus membeli flashdisk.

5.      Buang StartUp yang Tidak Penting
Ketika menyalakan komputer/laptop dan masuk ke desktop screen, ada beberapa program yang berjalan secara otomatis. Jika program yang berjalan ini terlalu banyak, akan menyebabkan startup PC sobat menjadi lamban. cara agar startup komputer laptop cepat Cara agar startup komputer laptop cepat tentu saja dengan menontaktifkan aplikasi aplikasi yang berjalan secara otomatis. Caranya, klik Start dan pilih Run. Bisa juga dengan tombol Windows Key + R . Ketik msconfig lalu enter. Pilih tab Startup. Hilangkan centang pada aplikasi yang tidak diinginkan. Jika ingin menghilangkan semuanya, silakan klik Disable All . Selanjutnya OK.

6.      Hardisk belum pernah di Defrag
Defragment dapat membuat file file yang rusak didalam hardisk menjadi baik dan rapi. Untuk melalukan defragment, buka Windows Explorer. Klik kanan pada Drive yang ingin di defrag. Misalnya klik kanan pada drive C. Pilih Properties lalu klik Tools. Pilih Defragment Now dan klik Defragment Disk.

7.      Terkena Virus/Malware
Virus juga dapat menyebabkan kinerja laptop/komputer menurun. Saya sering mengalami hal ini terutama ketika menjelajah internet menggunakan browser. Waktu itu saya tidak menginstall antivirus, jadi virus seperti adware (virus yang menampilkan iklan iklan yang tidak diinginkan) sangat mudah masuk ke laptop saya. Karena virus ini selalu menampilkan iklan disetiap halaman web, tak heran kalau PC menjadi lambat. Cara mengatasinya adalah dengan menginstall antivirus yang handal dan terpercaya. Atau gunakan antivirus premium untuk perlindungan yang lebih. Hati hati juga saat mendownload file di internet terutama file file mencurigakan seperti crack.
8.      Banyak Debu
Jangan beranggapan kalau kebersihan hardware tidak ada hubungannya dengan kinerja. Bila laptop/komputer sobat kotor dan berdebu, terutama jika debunya masuk kedalam kipas, bisa menyebabkan laptop bekerja lebih keras. Karena bekerja lebih keras, tentu saja performa laptop/komputer menjadi lebih lambat.

9.      Spesifikasi
Komputer/Laptop tidak memadai Sebagai pengguna komputer/laptop, kita harus tau diri. Bila laptop sobat adalah laptop keluaran tahun 2004 dan sobat menggunakannya untuk bermain efek video dengan Adobe After Effect, tentu saja kinerja laptop akan lambat. Hal ini dikarenakan spesifikasi yang tidak memadai. Setiap aplikasi pasti mempunyai spesifikasinya sendiri. Oleh karena itu sebelum membeli atau mendownload software/games, pastikan untuk melihat spesifikasinya terlebih dahulu.

10.  Laptop/Komputer sudah berumur
Semakin tua, kinerja laptop/komputer akan semakin menurun. Kinerja laptop berumur 7 tahun jelas berbeda dengan laptop yang baru saja dibeli. Solusinya ? tentu saja dengan membeli laptop/konputer baru. Atau bisa juga dengan mengganti hardwarenya.






Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

1 comment:

  1. Bangamingadget.com merupakan penyedia layanan barang dan jasa service laptop terbaik. Dengan Rating 4.6/5 dari 1900 ulasan google. selain itu owner kami alumni ITB berintegritas lho!! pasti trusted!
    https://bangamingadget.com/shortcut-keyboard-mac-yang-perlu-kamu-ketahui/

    ReplyDelete