X

Thursday, March 8, 2018

Cara membuat hotspot pada laptop atau pc


Dipagi yang dingin ini sehabis hujan, admin ingin berbagi sedikit untuk kalian semua. Wifi sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi pengguna gadget atau pc. Kita akan membahas sedikit tentang wifi meski sebenarnya pembahasan utama adalah bagaimana cara menjadikan komputer/laptop sebagai hotspot wifi. Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity, yang mana merupakan pengembangan dari istilah Hi-fo, sebuahteknologi nirkabel yang memungkinkan melakukan pertukaran data.

Sedangkan untuk kata Hotspot sendiri merupakan istilah untuk sebuah perangkat yag memancarkan sinyal wi-fi yang dipadukan dengan internet. Bagi pengguna smartphone untuk membuat perangkatnya jadi hotspot sangat mudah karena sudah terdapat aplikasi bawahan yang tinggal di klik. Sedangkan untuk sebagian besar laptop atau pc tidak memilikinya, oh iya sampai lupa untuk PC komputer harus memasang terlebih dahulu perangkat keras wifi seperti tplink atau sebagainya.

Bagi pengguna laptop, tidak perlu karena perangkat wifi sudah tertanam. Yang menjadi pertanyaannya bagaimana caranya membuat perangkat pc/laptop jadi hotspot ??

Cara pertama menggunakan Baidu


Selain Baidu sebenarnya masih banyak aplikasi hotspot lain yang bisa digunakan hanya saja menurut saya baidu yang terbaik. Selain karena gampang digunakan, baidu juga gratis heheh. Untuk menggunakannya tinggal download aja, bisa kalian cari link downloadnya di google, setelah itu install dan jalankan kamu akan menemui form untuk mengisi nama hotspot beserta passwornya, isi saja dan tada hotspot telah siap.


Menggunakan CMD


Cara kedua ini kamu tidak perlu mendownload aplikasi karena kita menggunakan fitur CMD (Command Prompt) bawahan windows. Cara membuat hotspot dengan menggunakan CMD yatu :

  • Langsung saja buka CMD dengan menekan WINDOWS + R 
  • Setelah terbuka ketikkan netsh wlan set hostednetwork ssid=nama_hotspot key=password_hotspot lalu enter. 
  • Kemudian ketikkan netsh wlan start hostednetwork lalu enter. 


Simpel dan tentunya cepat bukan, eeh untuk nama dan password hotspot ganti sesuai dengan yang kamu inginkan. Sedangkan bila ingin menghentikan hotspot silahkan ketikka netsh wlan stop hostednetwork.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

1 comment: