X

Tuesday, November 19, 2019

Apa Itu Version Control System Dan Manfaatnya Bagi Programmer - Coding Rakitan

VERSION CONTROL SYSTEM
VERSION CONTROL SYSTEM (Source : Dokumentasi Pribadi)
Halo sobat-sobat CODINGRAKITAN, apa kabar? Semoga kalian semua baik-baik saja.
Pada artikel kali ini, saya akan membagikan kepada anda sekalian tentang VERSION CONTROL SYSTEM. Mahkluk apa sih itu? Hehehe, mari kita bedah bersama.

Kalau teman-teman seorang desainer grafis, pernah nggak sih kalian nyimpan design, seperti contoh pada gambar dibawah ini :

VERSION CONTROL SYSTEM
(Source : Dokumentasi Pribadi)
Bagi teman-teman yang sedang atau sudah melewati skripsi, pernah nggak nyimpan file seperti dibawah ini? Kalau pernah, berarti kita sama, Hehehe.

VERSION CONTROL SYSTEM

(Source : Dokumentasi Pribadi)
Kalau datang revisi didosen pembimbing misalnya ditulis revisi 1, 2 dan seterusnya. Begitu pula dengan teman-teman yang design grafis, misalnya nyimpan file 1, file 1 -revisi, file 2 revisi dan seterusnya dan ini kita lakukan dan kita control secara manual. Sama hal dengan teman-teman programmer atau teman-teman yang suka ngoding, pasti pernah buat satu file, misalnya index.php atau file apapun dalam kodingan teman-teman.

Pada suatu saat misalnya teman-teman ingin menambahkan suatu fungsi tertentu dalam file tersebut, kemudian setelah itu teman-teman menambahkan berberapa fungsi baru lagi, lagi dan lagi dan menghapus berberapa fungsi yang teman-teman pikir tidak terpakai. Dan pada suatu saat program teman-teman ERROR atau tidak berjalan. Kemudian teman-teman berpikir, kenapa ya program sebelumnya berjalan dengan baik dan saat ini tidak.

Saat itulah teman-teman berpikir lagi, wah mungkin karena saya hapus kodingan atau fungsi yang itu beberapa hari lalu, tapi apa dan bagaimana ya kodingan atau fungsi itu, saya sudah lupa dan akhirnya teman-teman pusing sendiri mencari tahu kodingan yang sebelumnya teman-teman sudah hapus. Ilustrasinya begitu, Hehehe

Disinilah kita memanfaatkan VCS (VERSION CONTROL SYSTEM). VCS merupakan salah satu tools yang digunakan untuk mengontrol setiap perubahan file yang sudah kita buat, perubahan kodingan sedikit pun, bahkan spasi sekalipun dicatat baik-baik sama system ini. Kembali ke ilustrasinya ya teman-teman? Dengan dicatatnya setiap perubahan file kodingan yang teman-teman sudah buat, teman-teman bisa melihat kembali file yang sebelumnya, mengembalikan file yang sebelumnya ataupun membandingkan file kodingan lama dengan file kodingan yang baru.

VCS juga sangatlah bermanfaat bagi teman-teman yang berkerja secara TEAM atau kolaboratif karena kita dapat dengan mudah melihat setiap perubahan file kodingan yang dibuat oleh teman-teman TEAM kita, kita juga dapat melihat siapa yang mengubahnya dan kapan dia mengubahnya serta apa yang dia ubah, dibagian mananya, sehingga kita tidak saling menyalahkan satu sama lain saat kodingan kita tiba-tiba ERROR. Karena kita sudah tahu dengan jelas siapa pelakunya, tinggal selanjutnya kita cari solusi Bersama untuk mengatasi permasalahan kodingan teman kita tersebut. Disitulah sangat terasanya kegunaan dari VERSION CONTROL SYSTEM ini. Dan ini sangatlah membantu kita dalam memanage file kodingan kita.

(Source : Dokumentasi Pribadi - Contoh Penggunaan VCS dalam kerja TEAM)


Kesimpulan : VCS (VERSION CONTROL SYSTEM) merupakan sebuah infrastruktur atau tools yang digunakan untuk mengontrol setiap perubahan yang kita buat. Baik itu perubahan file (penambahan atau pengurangan), maupun perubahan kodingan (penambahan atau pengurangan fungsi dikodingan kita). 

Okey teman-teman saya kira sampai disini dulu ya postingan saya untuk kali ini,
Salam dari Admin CODINGRAKITAN, tetap semangat guys,
Sampai jumpa dipostingan selanjutnya.






Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment