X

Wednesday, November 20, 2019

Cara Membuat Project Baru Django - Coding Rakitan


Sebelumnya dalam postingan Mengenal Apa itu Django dan Cara Penginstalannya kita telah menginstall django. Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah bagaimana cara memulai membuat project dengan django.

Caranya sangat mudah anda tinggal membuka CMD atau Command Promt lalu arahkan ke folder mana anda ingin membuat project baru. Setelah itu ketikkan perintah dibawah pada cmd.

 
django-admin startproject nama_web
 
Nama_web bisa anda ganti sesuai keinginan anda. Jika proses pembuatan selesai maka di folder yang tadinya anda arahkan untuk membuat project baru akan muncul direktori dengan struktur seperti berikut.

gambar

Pada contoh struktur di atas saya membuat project baru dengan nama belajar sehingga muncul folder baru dengan nama belajar. Berikut adalah penjelasannya.
  • Belajar - merupakan folder root atau utama yang menampung semua kebutuhan project web yang dibuat.
  • manage.py - file ini merupakan server yang akan mengolah project web yang dibuat. Agar server web dapat berjalan file inilah yang pertama kali di eksekusi ke CMD.
  • belajar/__init__.py - file ini merupakan file kosong yang menandai bahwa direktori ini adalah sebuah paket (python package).
  • belajar/settings.py - Seperti namanya file ini berisi konfigurasi project seperti database, auth, hingga language code.
  • belajar/url.py - file ini adalah tempat untuk mendeklarasikan url fungsinya sama dengan web.php pada routes laravel.
  • belajar/wsgi.py


Setelah project baru selesai dibuat maka pelajaran selanjutnya yang perlu diketahui adalah cara menjalankan project yang telah dibuat. Caranya sangat mudah anda tinggal menjalankan file manage.py dengan mengetikkan perintah python manage.py runserver dan tekan enter. Selanjutnya buka browser anda dan masukkan url "localhost:8000" dan tampilan pertama akan muncul seperti berikut.




Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment