X

Sunday, May 29, 2016

Belajar C++ Bagaian #2 Tipe Data



Dalam pemograman C++ atau bahasa pemograman lainnya ada sebuah nilai yang berfungsi untuk memberikan karakteristik terhadap suatu variabel, nah nilai tersebut adalah Tipe Data dimana tipe data ini memiliki berbagai macam jenis, jadi intinya Tipe data C++ merupakan nilai yang berfungsi untuk memberikan tanda pengenal terhadap suatu variabel.

Kenapa fungsinya memberikan tanda pengenal ke suatu variabel ? Karena untuk membuat suatu variabel kamu membutuhkan suatu nilai yang memberikan tanda pengenal terhadap variabel tersebut entah itu tanda pengenal berupa tipe data yang bernilai angka atau karakter.

Tipe Data C++
·         Tipe data Bilangan bulat
Pertama saya akan menjelaskan jenis tipe data integer yaitu tipe data bilangan bulat yang hanya bisa diinput / output berupa bilangan bulat dan untuk tipe data integer memiliki jangkauan dari -2,147,483,648 sampai 2,147,483,648. Maksud dari jangkauan adalah kamu hanya bisa meng-input angka dari -2,147,483,648 sampai 2,147,483,648 jika kamu melebihi jangkauan maka outputnya yg dihasilkan yaitu 2,147,483,648 sesuai dengan jangkauan jenis tipe data int.

Selain int ada beberapa jenis tipe data bilangan bulat seperti : short int, unsigned int, unsigned short int, dan long. 


·         Tipe data Bilangan Pecahan
Jenis tipe data yang kedua adalah float yaitu tipe data yang memiliki nilai bilangan pecahan atau memiliki angka dibelakang koma(,). jadi kamu bisa menginput nilai yang mengandung angka dibelakang koma(,) tapi saat melakukan input yang digunakan bukan tanda koma (,) melainkan tanda titik (.)

Selain float ada yang namanya double yaitu tipe data yang sama-sama bilangan pecahan tapi pada jenis tipe data ini kamu akan memiliki lebih dari 1 angka dibelakang koma.

·         Tipe data Logika
Jenis tipe data ini merupakan tipe data yang terdiri dari 2 angka yaitu 1 dan 0 dimana 1 berarti benar (true) dan 0 berarti salah (false) yang disebut dengan tipe data boolean. sytax untuk tipe data logika ini adalah bool variabel_kamu = true/false;

·         Tipe Data karakter
Tipe data karakter merupakan jenis tipe data yang hanya dapat diinput oleh karakter saja, terdapat 2 jenis tipe data karakter yaitu string dan char yang masing-masing memiliki perbedaan. tipe data string merupakan kumpulan dari karakter yang berarti kamu bisa menginput lebih dari 1 karakter sedangkan untuk tipe data char kamu hanya bisa menginput 1 karakter saja.

·         Tipe Data Void
Tipe data void merupakan jenis tipe data yang tidak memiliki nilai, tipe data jenis ini biasa digunakan untuk membuat prosedur yang tidak mengembalikan nilai.
Diatas merupakan jenis-jenis tipe data C++ yang wajib kamu pahami untuk memudahkanmu dalam belajar bahasa pemograman lain bukan hanya C++ karena tipe data ini hampir ada di seluruh bahasa pemograman. 


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment