X

Saturday, May 7, 2016

Pengertian dan Cara Kerja Internet



Pengertian internet adalah jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) sehingga antara komputer
dapat saling mengakses informasi dan bertukar data. Internet mencangkup segala sesuatu secara luas baik itu dalam bidang komputerisasi maupun telekomunikasi.

Perangkat yang dibutuhkan untuk terhubung ke internet

* Modem
Modem merupakan perangkat tambahan yang menjembatani komputer agar bisa terhubung dengan jaringan internet. Modem berfungsi untuk mengubah sebuah sinyal digital menjadi sinyal analog serta mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. 

* Router
Router adalah alat jaringan yang mengarahkan aliran lalu lintas jaringan. Jika router diposisikan diantara internet dan jaringan internal, router tersebut dapat berlaku sebagai firewall. Router biasanya dilengkapi dengan tabel data alamat - alamat IP yang menggambarkan kebijakan penyaringan

* Domain name server
Domain name server atau yang biasa disingkat dengan DNS merupakan penerjemah dari sebuah alamt IP address ke alamat domain address serta sebaliknya. DNS merupakan bagian penting dari internet karena server - server DNS menangani penerjemahan naman - nama host ke IP address numerik sehingga paket - paket dapat dirutekan ke alamat yang tepat di dalam internet.

* Web server
Web server merupakan aplikasi yang digunakan untuk menerima permintaan informasi dari user melalui web browser serta mengirimkan kembali informasi yang diminta melalui hypertext transfer protocol atau HTTP. Biasanya web server diletakkan di komputer tertentu pada web hosting.

* ISP atau internet service provider
ISP merupakan perusahaan penyedia layanan koneksi ke internet. Umumnya ISP mempunyai beberapa modem dimana pelanggannya bisa melakukan dial up dengan account PPP.

 Cara Kerja Internet 


Secara singkat, Cara kerja Internet yang dengan mudah mengirim data dalam berbagai format baik itu visual maupun audio dengan harga pengiriman data sangat murah dibandingkan media pengiriman data yang lain. Pada akhirnya, perkembangan menjadi pesat. Inilah Cara Kerja Internet, sebuah komputer pengguna yang biasa disebut client computer yang awalnya harus terhubung ke sebuah server tetapi hendaknya dihubungkan lebih dulu ke jaringan internet. Dengan adanya server, yang berfungsi untuk mengakses dan mengirim data-data ke dalam internet yang diminta oleh beberapa klien, sehingga komputer pengguna dapat mengakses berbagai fasilitas yang terdapat di internet seperti website, email, chatting dan sebagainya.
Protokol sebagai penghubung antara komputer pengguna dan server, dimana berfungsi untuk menerjemahkan dengan bermacam bahasa komputer. Apabila mengakses sebuah alamat (http:// yang berarti hyper text transfer protocol) maka alamat tersebut telah terhubung dengan jaringan komputer. Agar data dapat dikirim secara akurat dari komputer pengirim ke komputer tujuan dan juga komunikasi berjalan sebagaimana mestinya, maka internet juga membutuhkan suatu sistem penjaluran biasa disebut dengan routing dan pengalamatan. Coba dibayangkan, apabila kita tidak dapat mengirim sesuatu tanpa mengetahui alamat penerima tersebut. Oleh karena itu, setiap komputer yang terhubung melalui internet harus memiliki alamat secara unik. Maksudnya masing-masing komputer memiliki alamat yang berbeda antara satu dengan yang lain. Alamat tersebut adalah Alamat Internet Protocol atau IP Address, yang berfungsi untuk memberikan informasi melalui paket yang mana akan ditujukan pada sebuah data. Dengan IP Address, kita dapat mengenal lebih banyak komputer pengguna di dunia internet. Karena itu, masing-masing komputer harus memiliki alamat Internet Protocol (IP).
Pada umumnya, IP Address sulit diingat maka jaringan internet menggunakan suatu sistem penamaan komputer yaitu domain name atau host name yang berbentuk kata atau frasa. Misalnya wordpress.com dan tentunya lebih mudah diingat daripada deretan nomor IP Address. DNS (Domain Name System) adalah sistem yang menyimpan suatu informasi tentang nama komputer domain dalam bentuk basis data yang tersebar.
Selain IP Address, terdapat pula Web Browser yaitu sebuah perangkat yang paling familiar di dunia Internet. Komputer pengguna dapat melihat informasi yang dikirim dari server melalui perangkat internet browser, misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Chrome dan lain sebagainya. Jadi dengan media internet, kita dapat mengakses dan menyiarkan secara langsung baik informasi maupun berita dengan online ke seluruh dunia tanpa adanya batas wilayah geografis dari setiap pengguna maka setiap komputer yang terhubung harus memiliki alamat IP. Selain itu, internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer global yang saling berkomunikasi satu sama lain dan saling bertukar data secara langsung dengan menggunakan TCP/IP.

pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet, pengertian internet.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment