X

Sunday, May 29, 2016

Mengapa diberi Nama Mouse Serta Bagaimana Cara Kerja Mouse




Mouse_siapa sih yang gak kenal dengan alat popular yang satu ini, tapi kalau dipikir-pikir anak baru lahir sama orang gila kayaknya gak tahu deh  hehehe. Tahukan apa artinya Mouse, Kalau  gak tahu balik ke sd aja dulu masa mouse aja gak tahu artinya Tikus. Jadi tiap anda menggunakan computer anda selalu menggunakan tikus hehe
Kenapa yah dinamai tikus ?
Apa penemunya suka tikus atau jangan-jangan yang menemukan Mouse juga bernama maouse. Benda kecil yang sering kita gunakan ini diberi nama Mouse karena bentuknya yang memang mirip dengan Mouse ( tikus ) coba deh perhatiin, tampa diperhatiin juga pasti uda tahu, bentuk hampir bulat ( elipse ) dengan kabel panjang menyerupai ekor tikus.

Mause sekarang memiliki bentuk yang sangat beragam mulai dari yang kecil sampai yang besar dengan sedikit toping untuk menarik konsumen. Sebelum muncul mouse yang berbagai macam dan bentuknya ini dulunya mouse sangat sederhana dengan bentuk persegi yang memiliki casing dari kayu, selain itu menggunakan dua roda yang satu dengan posisi horizontal yang satunya lagi dengan posisi vertical,yang belajar matematika pasti tahu dengan posisi/koordinat x,y begitulah system kerja pada mouse
Dibawah ini adalah gambaran maouse yang pertama kali dibuat


Sejarah Penemuan Mouse
Pada tahun 1963 Douglas Engelbart menemukan Mouse untuk yang pertama kali yang terbuat dari berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

Cara kerja Mouse

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optis untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth. Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

Baca juga :


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment