X

Friday, May 19, 2017

Apa itu komputer dan Seberapa Besar Pengaruh Komputer dalam Berbagai Bidang ?



Dizaman yang serba canggih ini siapa sih yang gak tahu dengan komputer atau laptop atau PC atau nama gaul lainnya intinya komputer. Bahkan anak kecil di bawah 5 tahun aja udah ada yang bisa mainkan alat canggih serbaguna ini. Di tempat saya sendiri bahkan ada yang belum bisa membaca tapi sangat handal dalam memainkan laptop apa lagi kalau main game hehe.

Apa itu Komputer ???

Komputer adalah alat elektronik yang mampu memanipulasi sebuah informasi atau  data. Kata computer sendiri merupakan kata yang dulunya diberikan kepada seseorang yang pekrjaannya melakukan perhitungan Aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu.Tetapi  seiring dengan berjalannya waktu kata computer  dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Komputer mulanya digunakan untuk memecahkan masalah dalam bidang Aritmatika, di zaman yang modern sekarang komputer lebih banyak digunakan sebagai alat penyedia dan pengelola informasi serta sarana hiburan. Hanya sedikit orang yang menggunakannya Komputer sekarang ini untuk urusan matematika.

Agar bisa digunakan Komputer wajb memiliki dua jenis perangkat yakni Perangkat Keras (hardware), dan Perangkat Lunak (Software). Jika salah satu dari perangkat komputer hilang maka komputer tidak bisa digunakan. Hal ini disebabkan karena baik hardware  maupun software  sama-sama memiliki peran dalam mengelola informasi.

  • Perangkat Keras  (Hardware)
Perangkat Keras atau bahasa kerennya hardwara merupakan perangkat komputer yang memiliki bentuk dapat kita lihat dan sentuh. Contoh dari perangkat ini seperti Motherboard, ram, harddisk, mouse, monitor, keyboard, dll.


  •  Perangkat Lunak (Software) 
Perangkat Lunak (Software) merupakan perangkat yang tidak bisa kita sentuh karena perangkat ini tidak memiliki fisik. Operating system, dan Aplikasi-aplikasi yang ada di komputer teman-teman itu adalah contoh perangkat lunak.
 
 
 
Itulah penjelasan mengenai perangkat keras dan perangkat lunak . Perangkat Keras yang bertugas menyediakan fasilitas untuk perangkat lunak, dan perangkat lunak bertugas untuk menjalankan fungsi dari perangkat-perangkat keras. Misalkan untuk membaca sebuah USB drive, USB drive adalah hardwarenya kemudian driver pembaca USB adalah perangkat lunaknya.
 
Komputer di katakan sebagai alat serbaguna, bisa digunakan untuk apa saja baik dalam dunia pendidikan, Perekonomian, perbangkan, Pemerintahan, Bahkan untuk industri pertokohan komputerpun digunakan. Itu semua hanya sedikit peran komputer dalam kehidupan kita.

Seberapa Besar Pengaruh Komputer di Zaman Moder ini ?
 
  • Pendidikan
Seperti yang kita tahu sekarang ini dunia pendidikan di indonesia sudah mulai di komputerisasikan, Guru-guru yang tidak tahu mengoperasikan komputer diberikan kewajiban untuk belajar. Ujian Nasionalpun mulai di Komputasi. 
 
 
 
Hal ini sangat berdampak besar dimana UAN tidak lagi membutuhkan Kertas dalam membuat soal, bisa dibayangkan berapa pengeluaran pemerintah untuk mengadakan UAN menggunakan kertas. Kertas UAN pun setelah selesai pastinya akan dibuang dan menghasilkan limbah. Bisa teman-teman bayangkan juga berapa pohon yang selamat dengan adanya komputasi.
  • Perekonomian
Komputer beserta kecanggihannya juga berdampak pada bidang ekonomi. Kenapa tidak, Karena dengan komputer sekarang ini seseorang sudah bisa melakukan usaha perdagangan misalnya membuat toko online, Menawarkan jasa di berbagai situs online, bahkan seorang pedagang dapat terbantu dengan mencari informasi menggunakan interne.
 
 
Sungguh luar biasanya pengaruh komputer dalam bidang ekonomi terbukti dengan banyaknya pengusaha-pengusaha yang sukses memanfaatkannya. Sorang pengangguranpu jika ingin memanfaatkan teknologi ini mereka bisa sukses seperti orang lain, sehingga kelak Pengangguran dapat teratasi
  •  Perbankkan
Komputasi sangat banyak manfaat yang didapatkan bagi para nasabah suatu bank. Jika dulunya untuk melakukan transfer seorang nasabah harus pergi ke mesin atm atau ke kantor cabang bank sekarang mereka bisa melakukannya hanya di depan komputer mereka.
 
 
Jika membahas tenatang manfaat atau pengaruh komputer dalam kehidupan manusia memang tidak akan ada habisnya. Komputer tidak bisa lagi dipisahkan dalam kehidupan manusi. Dimana ada kebaikan disitu ada keburukan, komputer memiliki banyak pengaruh positif tetapi begitu pula dengan pengaruh negatifnya. Semua kembali kepada kita mau menggunakannya dengan biajk atau tidak.






 

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment