X

Monday, May 15, 2017

Bahaya Ransomware, Kenali Apa itu Ransomware dan Cara Mencega Komputer Kita Terkena




Bahaya Ransomeware WannaCry-

Seperti yang di berita-berita oleh media local bahwa telah terjadi serangan cyber. Dimana serangan ini menyerang menggunakan virus Ransomeware WannaCry. Tercatat 16 Rumah sakit di Ingris telah menjadi korban WannaCry.

Begitupun beberapa rumah sakit di Indonesia telah menjadi sandera dari Ramsomeware ini. Ramsomeware sendiri adalah sejenis malware yang menyerang komputer dengan cara mengunci semua file dalam komputer korban sehingga tidak dapat diakses kembali.

Dalam serangan Ransomware WannaCry ini mereka melakukan penyanderaan terhadap komputer-komputer dan meminta tebusan untuk membukanya kembali, tak main-main tebusan yang mereka minta senilai $300 dan akan terus meningkat 2x lipat setiap hari untuk satu komputer.Tebusan pun harus dikirim menggunakan Bitcoin sehingga mereka tidak akan terdeteksi.

Apa sebenarnya itu Ramsomeware WannaCry ?

Seperti yang saya sebutkan di atas virus  Ramsomeware adalah sejenis malware yang menginfeksi korbannya dengan mengunci file yang dimiliki korban. Kemudaian WannaCry adalah sejenis Ramsomeware yang sangat canggih karena karena tidak memerlukan campur tangan pengguna untuk bisa menginfeksi komputer.

Bagaimana Cara Kerja dan Penyebaran Ramsomeware WannaCry ?

Ramsomeware Wannacry menginfeksi korbannya dengan memanfaatkan kelemahan pada sistem operasi Windows melalui eksekusi Remote Code SMBv1. Selain itu virus ini akan otomatis menyebar dan mendeteksi komputer lain dalam satu jaringan LAN atau Wifi, inilah yang menyebabkan penyebaran virus ini sangat berbahaya.

Cara Mencegah Komputer Terkena Virus Ramsomeware Wannacry

Jika kamu tidak mau komputer mu terkena virus Ramsomeware Wannacry maka sebaiknya lakukan hal-hal berikut :

1. Update Windows


Bagi kamu pengguna Windows yang masi dalam masa support Microsoft seperti Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 10 silahkan melakukan Update melalui Windows Update sekarang juga. Dan jangan lupa untuk menginstal semua patch security.

Untuk pengguna Windows yang tidak dalam masa support lagi seperti Windows XP, Windows 8, dan Windows Server 2003 pastikan untuk mengisntal patch security di bawah :

2. Update Windows Defender / Antivirus 


Pastikan kamu telah melakukan Update pada Antivirusmu. Untuk menanggulangi virus WannaCry ini Microsoft sendiri telah melakukan Update terhadap Windows Defender. Kamu yang menggunakan Windows Defender sebaiknya segera melakukan update yah dengan mengklik tab Update  . 

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment