X

Monday, May 22, 2017

Apa iu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ? Mengapa DIbutuhkan Rekayasa Perangkat Lunak ?


Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) ?

Rekayasa perangkat lunak adalah suatu bidang profesi yang mendalami cara pengembangan maupun pembuatan perangkat lunak, pemeliharaan, serta manajemen organisasi pengembangan suatu perangkat lunak.

Sebelum membuat suatu perangkat lunak maka terlebih dahulu harus di rancang baik-baik baik itu alokasi dana, waktu pengerjaan, tim pengembang, pemeliharaan, serta siapa yang menguji aplikasi nantinya. Itu semua adalah tugas dari seoran yang menekuni bidang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Dalam profesi RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) juga harus mengetahui cara membuat rekayasa seperti merancang, membuat konstruksi, dan sistem yang ekonomis dan efisien.

Mengapa di Butuhkan Rekayasa Perangkat Lunak ?

Rekayasa Perangkat lunak sangat dibutuhkan karena dengan adanya rekayasa perangkat lunak, dalam mengerjakan suatu perangkat lunak akan menjadi sangat mudah dan tepat waktu sesuai dengan yang telah ditentukan selain itu perangkat lunak yang dihasilkan lebih berkualitas. Selain itu dengan adanya Rekayasa Perangkat Lunak akan membuat :
  • Memperoleh biaya produksi yang rendah 
 
Dengan adanya Rekayasa Perangkat Lunak akan sangat membantu dalam memaneg biaya produksi dengan membagi tiap-tiap bagian pembuatan perangkat lunak kepada programer, dengan harga yang berbeda-beda tiap bagian yang dikerjakan.

Dengan terbaginya bagian-bagian ini maka biaya tidak akan berfokus pada satu programer atau satu ekerja saja karena telah di manag dengan mengggunakan Rekayasa Perangkat Lunak
  • Menghasilkan perangkat lunak yang kinerjanya tinggi , andal dan tepat waktu 


Rekayasa perangkat lunak juga sangat membantu dalam hal mengatur kinerja aplikasi, hal ini karena dengan adanya pembagian job, yang mengerjakan jobnya akan berfokus pada hal itu tanpa memikirkan bagian lain. Selain itu dalam masalah waktu dengan menggunakan Rekayasa Perangkat Lunak akan ditetapkan batas waktu tertentu dalam menyelesaikan job, dan bila tidak selesai tepat waktu akan ada denda kepada penegembang yang  mengerjakan.

  • Menghasilkan Perangkat Lunak yang dengan Biaya Pemeliharaan Rendah


Suatu Perangkat Lunak yang telah jadi tidak serta merta akan dilepaskan oleh pengembang, beberapa bulan setelah jadi atau mereka akan melakukan pemeliharaan terhadap perangkat lunak.
Karena perangkat lunak yang telah di hasilkan dengan menggunakan sistem rekayasa memiliki kualitas yang tinggi maka tidak memerlukan pemeliharaan lebih banyak di bandingkan dengan perangkat lunak yang berkualitas rendah.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment