X

Wednesday, January 30, 2019

Cara Membuat Heder Tabel Otomatis di Halaman Selanjutnya di Microsoft Word


Pernahkah anda membuat tabel di Microsoft Word yang begitu panjangnya hingga mencakup beberapa halaman. Jika iya, pastinya anda merasa bingung ketika hendak mengisi tabel tapi tidak tahu header atau bagian kepalanya. Untuk anda yang tidak tahu apa itu header, ini adalah bagian kepala atau nama field dari bagian kolom tabel. Sebagai contoh anda bisa melihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.




Yang ada dalam lingkaran merah adalah header. Sekarang anda paham bukan apa itu header pada tabel. Nah pada kasus ini kita akan membuat sebuah tabel yang panjangnya mencakup 2 halaman. Jika kita tidak menggunakan header otomatis maka tampilannya akan seperti di bawah.



Anda bisa menuliskan header secara manual di halaman kedua, akan tetapi muncul masalah ketikan tinggi kolom yang ada di halaman pertama tiba-tiba bertambah maka akan menjadi seperti di bawah.



Untuk itulah diperlukan adanya header otomatis, yang mana apabila tinggi atau jumlah kolom yang ada di atasnya bertambag maka header akan selalu di atas. Seperti pada gambar di bawah ini.



Cara Membuat Header Tabel Otomatis di Microsoft Word

  • Buka aplikasi Microsoft Word.
  • Buat sebuah tabel dengan jumlah baris dan kolom sesuai keinginan anda. Usahakan hinga panjangnya mencakup 2 halaman agar nanti anda bisa melihat hasilnya seperti apa.
  • Buat header pada bagian paling atas. Kemudian letakkan kursor atau blok header klik Layout -> Repeat Header Rows




Kemudian lihat hasilnya, dihalaman kedua akan muncul header tabel yang sama dengan header pada tabel di halaman pertama. Sangat mudah bukan untuk membuatnya.



Catatan : versi Microsoft Word yang saya gunakan disini adalah Microsoft Word 2007, di versi yang lebih tinggi caranya juga sama.


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment