X

Friday, January 25, 2019

Mengenal Apa itu Bahasa Assembly atau Bahas Rakitan


Assembly atau dikenal juga dengan istilah bahasa rakitan ini sudah ada sejak lama. Assembly merupakan bahasa pemrograman tingkat rendah yang digunakan dalam pemrograman komputer. Sama halnya seperti bahasa pemrograman lainnya Assembly juga memudahkan manusia dalam memberikan instruksi pada kumputer tanpa harus menggunakan bahasa mesin.

Komputer sebenarnya hanya memahami kode 0 dan 1 yang kita sebut dengan kode binary. Untuk melakukan sebuah perintah misalnya "10110011" dalam bahasa assembly dirubah menjadi instruksi mnemonik ADD, sehingga manusia lebih mudah untuk mengingatnya.

Bisa anda bayangkan bagaimana jadinya bila tidak adanya bahasa pemrograman, tentunya akan susah untuk menghafal setiap instruksi yang terdiri dari kode binary.

Bahasa ini menggunakan mnemonik untuk mewakili setiap instruksi menggantikan nilai biner atau hex. Kata mnemonik sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuni μνημονικός ( mnēmonikos ) yang berarti memori atau berkaitan dengan memori. Dengan adanya penggunaan mnemonik ini instruksi pada komputer menjadi jauh lebih singkat.




Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment