X

Wednesday, November 11, 2020

Cara Install Golang di Windows

Postingan ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya Mengenal Bahasa Pemrograman Go atau Golang. Kali ini kita akan menginstall golang pada perangkat komputer. Tutorial ini akan menggunakan sistem operasi Windows, tapi untuk sistem operasi lain langkah-langkahnya hampir sama.

Langsung saja yuk simak Cara Install Golang di windows.

1. Download Golang

Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mengunduh file aplikasi golang di https://golang.org/dl/. Silahkan pilih file Microsoft Windows, ukurannya kurang lebih 115 mb.





2. Install hasil download

Buka file hasil download tadi kemudian klik dua kali, kemudian klik next pada tampilan yang muncul.





Klik I accept the terms in the license Agreement lalu next





Pada tampilan berikutnya anda bisa mengatur folder lokasi anda ingin menginstall golang. Caranya klik Change kemudian pilih foldernya. Namun nantinya ada juga harus mendaftarkan PATH go di Environment. Jika anda memasang pada folder default C:\Go\, PATH sudah otomatis di tambahkan ke Environment.





Klik Install dan tunggu hingga proses instalasi selesai.





3. Cek Golang di CMD

Pastikan bahwa golang benar-benar telah terpasang. Caranya buka CMD kemudian ketikkan perintah go version, jika muncul informasi mengenai versi maka golang sudah terpasang dan siap digunakan.





Perhatian Jika anda memasang golang pada folder lain anda harus melakukan pengaturan pada PATH environtment. Contohnya anda mesang di folder D:\Go\ maka copy alamat bin dari golang yaitu D:\Go\bin\ kemudian masuk ke Control Panel -> System -> Advanced System settings kemudian di layar baru klik tab Advanced -> Environment Variabel . Pada System variables cari Path kemudian edit dan tambahkan D:\Go\bin\ (sesuai loksi bin golang anda) pada baris terakhir kemudian tekan oke.





Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment