X

Thursday, November 12, 2020

Membuat Program Pertama dengan Golang



Akhirnya kita telah sampai pada tahap yang dinantikan setelah sebelumnya berhasil menginstall golang. Sekarang kita akanmemulai untuk membuat program sederhana menggunakan golang. Program pertama yang biasa diajarkan pada saat mempelajari bahasa pemrograman adalah membuat HelloWorld.

Pada kesempatan kali kita juga akan membuat sebuah program yang menampilkan tulisan "Hello world!". Ada beberapa point yang akan anda ketahui setelah mengikuti artikel ini diantaranya :

  • Letak anda haru membuat program
  • Format file untuk golang
  • Cara menjalankan program

Memulai pembuatan program baru dengan golang

1. Buat folder baru bernama "golang" dimanapun anda mau, entah itu di D:\, C:\, atau E:\. Kemudian buat file baru di dalam folder tersebut dengan nama "HelloWorld.go", .go merupakan extensi untuk program golang.




2. Buka file "HelloWorld.go" tadi pada text editor anda (sublime text, visual studio, notepad, dll). Kemudian tuliskan kode berikut.

package main
 
import "fmt"
 
func main() {
	fmt.Println("Hello World!")
}

3. Jalankan program dengan membuk CMD atau terminal kemudian arahkan ke folder lokasi HelloWorld.go. Untuk menjalankan program golang digunakan perintah go run nama_file, nama file ganti dengan nama program anda. Jadi untuk menjalankan hello world tadi ketikkan perintah go run HelloWorld.go di CMD. Nantinya akan muncul hasil seperti pada gambar.




Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment