X

Sunday, November 22, 2020

Cara Install ReactJs dengan Mudah


 

Sebelumnya kita telah membahas tentang apa itu ReactJs pada postingan Mengenal Apa itu React Js. Untuk itu pada postingan kali ini kita akan memulai langkah pertama untuk bisa mempraktekkan langsung atau membuat project dengan ReactJS. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasang ReactJs, dimana anda memerlukan NPM. Baca lebih jauh menegenai Apa itu NPM.

Adapun Langkah-langkah sebelum anda dapat menginstall ReactJs adalah sebagai berikut : 1. Install Node js -> Baca disini

2. Pastikan NPM sudah terinstall (NPM satu paket ketika Node js di install), cara mengeceknya dengan membuka CMD dan ketikkan perintah npm -v, jika muncul versi NPM seperti pada gambar dibawah, berarti NPM sudah siap digunakan.





3. Install create-react-app caranya buka CMD dan ketikkan perintah npm install -g create-react-app kemudian tunggu hingga proses selesai. Pastikan anda memiliki koneksi internet sebab program akan mendownload beberapa file.

Sampai disni anda sudah berhasil memasang dan sudah dapat membuat project baru dengan ReactJS. Cara membuat project baru sangat mudah cukup ketikkan perintah create-react-app diikuti nama project anda. Misalnya saya ingin membuat project baru dengan nama "hello_world", perintahnya menjadi create-react-app hello_world.

Untuk menjalankan app silahkan arahkan CMD ke folder project yang telah dibuat. Kemudian ketikkan perintah npm install kemudian npm start, program akan otomatis membuka browser dan menjalankan web anda pada port 3000.





Tampilan pertama project anda akan nampak seperti ini :





Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment