X

Monday, August 10, 2020

Mengenal Apa itu React Js

 

Sebagai programer web anda tentunya sudah tidak asing dengan JavaScript, bahasa ini merupakan bahasa yang umum dipelajari dalam dunia website. Namun tahukah anda ada beberapa library JavaScript yang dibangun untuk mempermudah dalam pengembangan web. Salah satu Library itu adalah React Js.

Apa itu React Js ?

React Js merupakan sebuah Library JavaScript yang dibuat oleh Facebook dengan tujuan untuk membangun antar muka pengguna yang lebih mudah. React Js hadir untuk membantu developer dalam membuat UI atau kumpulan menu di layar yang dapat dibuat dan dipanggil berulang kali sesuai keinginan.

Fitur Utama React Js

React Js hadir dengan dua fitur utama yang tentunya menambah daya tarik React Js itu sendiri. Dua fitur utama itu adalah fitur JSX dan DOM Virtual.

JSX

JSX merupakan ekstensi sintaksis yang mirip dengan XML tetapi ditujukan untuk JavaScript. JSX ini dibuat oleh Facebook guna menyederhanakan dalam membangun program atau aplikasi. Selain itu JSX bertujuan untuk mendefinisikan sintaksis secara ringkas dan mudah dikenali untuk mendefinisikan pohon struktur dengan atribut.

DOM Virtual

DOM Virtual ini berfungsi untuk membuat perubahan pada layar atau bagian tertentu di halaman website tanpa memuat ulang seluruh halaman. Sebagai contoh ketika anda mengklik tombol like maka akan muncul jumlah orang yang telah menekan tombol like ditambah anda.

Ini sangat berguna sebab user tidak perlu lagi melakukan refresh keseluruhan halaman yang tentunya akan memakan waktu dan data internet tentunya.

Kelebihan React Js

React Js hadir dengan menyediakan berbagai kode pustaka yang bisa langsung dipanggil oleh pengguna. Hal ini tentunya menghemat waktu pembuatan website.

Buat sekali gunakan dimana saja

Artinya anda bisa menulis kode satu kali, misalnya sebuah button, kemudian anda dapat memanggil button ini dimana saja dalam project anda.

Berjalan di sisi Server

Selain dapat berjalan di sisi client, React Js juga dapat dikolaborasikan dengan Node Js untuk me-render di server.

Merubah komponen lebih mudah

Merubah komponen menjadi lebih mudah sebab react js membagi setiap component-component yang akan digunakan. Contohnya button yang sudah tampil di berbagai halaman pada project, hanya tinggal merubah satu component saja tanpa merubah di setiap halaman.

Ramah SEO

Salah satu keinginan para pembuat website tentunya, memiliki website yang cepat terindex di mesin pencari seperti google. Dengan menggunakan react js, kegagalan mesin pencari untuk membaca aplikasi yang berat dengan JavaScript dapat ditangani.

Daftar Website yang Menggunakan React Js

Berikut beberapa website besar yang menggunakan React Js dalam pembuatannya.

  • Facebook
  • Dropbox
  • Mattermark
  • Tesla
  • Atlassian
  • Airbnb
  • Netflix
  • Reddit

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment