X

Friday, August 7, 2020

Mengenal Bahasa Pemrograman Ruby



Bagi programer pemula biasanya belum familiar dengan bahasa pemrograman Ruby karena jarang diajarkan sebagai dasar. Lantas apakah bahasa pemrograman ruby itu ?

Pengertian Bahasa Pemrograman Ruby

Ruby merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek berbasis skrip yang dikembangkan oleh Yukihiro Matsumoto (seorang programmer asal Jepang). Karena berbasis skrip, ruby juga bisa disebut bahasa scripting yaitu bahasa yang tidak memerlukan prosedure compile. Bahasa pemrograman ini memiliki kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

Ruby dibangun menggunakan bahasa pemrograman C dan bersifat Open Source.

Meskipun di Indonesia jarang diajarkan pada Programer pemula, namun Ruby tidaklah sulit bagi programer pemula.

Sejarah Bahasa Pemrograman Ruby

Yukihiro Matsumoto mulai membangun Ruby pada tahun 1993 dengan tujuan mewujudkan bahasa pemrograman yang dapat ditulis secara efisien.

Dengan menggabungkan beberapa bahasa favoritnya yakni (Perl, Smaltalk, Eiffel, Ada, serta Lips) terciptalah bahasa pemrograman yang diberi nama Ruby.

Nama Ruby diambil dari nama batu bulan kelahiran rekan Yukihiro Matsumoto yang lahir pada bulan July. Penamaan ini juga digunakan pada bahasa Pearl, dimana Pearl merupakan batu kelahiran bulan Juni.

Ruby kemudian dirilis ke publik pada Desember 1995 dan mendapat respon yang baik di negara asalnya yaitu Jepang.

Tidak hanya populer di Jepang, ruby juga populer di seluruh dunia. Hal ini dikarenakan ruby dapat disalin, dimodifikasi, dan didistribusikan ulang, membuat banyak programer dunia ikut menggunakan serta mengembangkan Ruby.

Apa yang bisa saya lakukan dengan Ruby ?

Setelah mengetahui apa itu Ruby, sekarang muncul pertanyaan apa yang bisa saya lakukan dengan Ruby ?

Sama halnya seperti python dan java, ruby juga dapat digunakan untuk membangun aplikasi Desktop. Selain aplikasi desktop anda juga bisa membangun aplikasi WEB seperti PHP hanya saja dengan bahasa yang berbeda.

Framework Ruby yang dikhususkan untuk membangun aplikasi web adalah Ruby on Rails. Framework ini sangat populer dan banyak digunakan oleh website besar.

Berikut beberapa web besar yang menggunakan Ruby on Rails.
  • Github
  • Twitter
  • AirBn
  • Groupon
  • Shopify
  • Hulu
  • SlideShare


Baca Lebih jauh tentang Ruby on Rails

Syntax Dasa Ruby

Berikut beberapa syntax dasar yang diguanakan dalam Ruby.

Menampilkan tulisan

	
puts "Welcome"
	
Jadi untuk menampilkan tulisan pada Ruby digunakan pertintah puts.

Menginput Data

Menginput data disini maksudnya menyimpan sebuah tulisan atau data kedalam variabel sama halnya ketika menggunakan perintah cin pada C++. Pada ruby kita menggunakan perintah gets dengan format seperti berikut.
	
puts "Masukkan nama anda"
name = gets
	

Baca juga Cara Menginstall Ruby di Windows

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment