X

Sunday, August 23, 2020

7 Framework atau Library CSS yang Bisa Kamu Coba

 

Para Developer Website khusunya yang bekerja khusus sebagai Front-end seringkali terkendala di masalah CSS, bukan karena pembuatannya melainkan produktivitas. Terkadang pembuatan Aplikasi Web menjadi ribet bila harus membangun CSS dari awal setiap ada project.

Hal ini bisa saja di atasi dengan membuat CSS sendiri, akan tetapi hal ini memerlukan waktu lagi. Belum lagi jika CSS yang dibuat terlalu banyak kadang kita lupa apa nama kelasnya.

Untuk meminimalisir atau mempermudah, developer dapat menggunakan Framework atau Library yang telah ada. Library ini biasanya sudah menyediakan documentasi sehingga, hanya tinggal mencari nama kelas yang ingin digunakan.



1. Bootstrap

Bootstrap merupakan library paling banyak digunakan saat ini. Hal ini tidak lepas dari bootstrap yang memiliki banyak documentasi dan komunitas. Banyak website yang telah menggunakan library ini dalam pembuatannya.

Tidak hanya menyediakan Library CSS, bootstrap juga menyediakan Library JS seperti bootstrap Validator yang dapat digunakan untuk memvalidasi sebuah form sebelum akhirnya data disimpan ke database.

Hingga postingan ini dirilis Boostrap telah sampai pada versi 4.5. Selain itu versi sebelumnya seperti v3.x, v2.x, dan v1.x masih bisa digunakan.

Untuk menggunakan boostrap silahkan kunjungi website resminya https://getbootstrap.com/.

2. Semantic UI

Semantic UI hadir dengan tampilan yang elegan, serta tentunya responsif. Selain itu framework ini mengusung konsep HTML yang ringkas dan ramah manusia.

Beberapa situs mengatakan bahwa Semantic memiliki struktur class yang bagus dan mudah dipelajari bagi pemula. Semantic UI disebut-sebut sebagai pesaing terberat dari Bootstrap. Jika anda sudah terbiasa dengan boostrap akan sangat mudah menggunakan Semantic sebab keduanya memiliki konsep yang hampir sama.

Untuk menggunakan Semantic UI silahkan kunjungi website resminya https://semantic-ui.com/.

3. Foundation

Sesuai dengan slogannya "responsive design gets a whole lot faster", Foundation membuat desain responsif menjadi lebih cepat.

Framework yang dikembangka oleh ZURB ini bersifat Open Source atau garatis. Hingga postingan ini di rilis Foundation telah sampai pada versi 6.

Beberapa website yang menggunaka Foundation seperti www.polar.com, projection.pixar.com, www.amazon.jobs, home.barclays serta masih banyak lagi.

Untuk menggunakan Foundation silahkan kunjungi website resminya https://get.foundation/.

4. Materialize

Materialize merupakan framework CSS yang dirancang oleh Google. Tujuan google membuat framework ini adalah mengembangkan sistem desain yang memungkinkan pengalaman pengguna terpadu di dalam semua produk mereka pada platform apa pun.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Materialize silahkan kunjungi website resminya https://materializecss.com/.

5. Skeleton

Skeleton cocok untuk membangun website skala kecil yang tidak memerlukan semua utilitas kerangka kerja yang lebih besar. Skaleton menggunakan penamaan grid yang mudah dimengerti oleh orang awam. Grid ini terbagi menjadi 11 mulai dari "one" sampai "eleven". Contoh untuk membuat grid dengan panjang "2/11" dituliskan :

<div class="two columns">
//body
</div>
Untuk mengetahui lebih jauh tentang Skeleton silahkan kunjungi website resminya getskeleton.com.

6. Bulma

Bulma adalah framework CSS bersifat open source sehingga bebas digunakan developer manapun. Framework ini telah digunakan lebih dari 200.000 developer (sesuai yang tertulis di halaman resminya).

Berbeda dengan framework CSS lainnya yang biasanya menyertakan JavaScript, bulma hanya berupa CSS.

Ingin mempelajari Bulma lebih jauh kunjungi https://bulma.io/

7. Metro UI

Metro UI atau sekarang lebih dikenal dengan Metro 4 merupakan framework CSS yang dibuat di Ukraina. Framework ini tidak memerlukan pengetahuan Javascript untuk menggunakannya.

Metro UI dapat diakses atau di download dari NPM, Nuget, GitHub, dan Gitlab

Untuk mempelajari lebih jauh tentang Metro UI dapat diakses melalui https://metroui.org.ua/

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment