X

Thursday, August 20, 2020

7 Framework Node Js yang Palig Populer

 

 

Node Js sebagai platform perangkat lunak dalam pembuatan website memiliki banyak Framework yang dapat digunakan para programer. Tidak bisa dipungkiri penggunaan framework sangat bermanfaat dalam pembuatan aplikasi. Beberapa keuntungan menggunakan framework seperti.

  • Pembuatan website atau aplikasi menjadi lebih cepat ini dikarenakan framework sudah menyediakan kebutuhan contohnya seperti koneksi ke database, programer tinggal memanggil kelas atau modul yang telah di sediakan framework.
  • Pengkodean menjadi lebih sederhana.
  • Memiliki banyak pengguna atau komunitas.
  • Lintas Platform.
  • Produktivitas yang lebih tinggi.
Sifat node js yang open source menjadi salah satu pendorong muncul berbagai macam framework. Diantara banyaknya framework node js tersebut ada beberapa yang mungkin tidak asing lagi. Berikut 7 Framework Node Js yang Palig Populer

1. Express.js

Express.js adalah framework Node.js yang sederhana namun merupakan framework tercepat. Fungsi utamanya untuk mengelola server dan rute komunikasi. Sebagai salah satu framework paling populer di dunia, express di dukung dengan komunitas serta dokumentasi yang melimpah, sehingga untuk mempelajarinya tidaklah sulit.

Untuk Mengetahui lebih jauh tentang express js ini silahkan baca postingan Mengenal Apa itu Express JS Hingga Cara Penginstalan.

2. AdonisJs

AdonisJs merupakan salah satu Framework node js yang dibuat oleh Harminder Virk, seorang programer asal India.

Bagi pengguna Laravel mungkin tidak akan susah untuk menyesuaikan diri dengan framework yang satu ini, sebab struktur dasarnya mirip. Ketika membuat project baru dengan AdonisJs ini anda akan melihat struktur atau directory baru seperti controller, middleware, hingga Models.

3. Hapi.js

Hapi.js banyak digunakan untuk membangun web service atau RESTful API (Aplication Programing Interfaces). Salah satu keuntungan menggunakan Hapi.js adalah ketersedian authentikasi atau (auth) secara built in. Untuk menginstall Hapi.js bisa dilakukan dengan menjalankan perintah npm install hapi --save.

4. Kraken.js

Kraken.js merupakan framework node js yang dibangun oleh PayPal Engineering dengan tujuan mendukung salah satu backend service mereka. Framework ini dibangun di atas Express.js dengan penambahan fitur seperti environment-aware, konfigurasi dinamis, kemampuan menggunakan advanced middleware, keamanan, serta app lifecycle event.

5. Sails.js

Sails.js dibangun layaknya framework populer saat ini yaitu dengan menerapkan kondep MVC. Beberapa kelebihan menggunakan Sails.js seperti, kemampuan untuk menggenerate RESTful API secara otomatis, mendukung web socket secara default sehingga cocok untuk pembuatan website realtime. Selain itu Sails.js juga mudah dikombinasikan dengan angular, vue, ataupun react

Baca : Mengenal Apa itu Sails.js dan Cara Penginstallan

6. Koa.js

Koa.js merupakan framework web Node Js yang dikembangkan oleh pembuat Express.js. Koa.js hadir dengan memanfaatkan generator sehingga memungkinkan anda untuk membuang callback yang biasa kita jumpai pada pembuatan web Node Js.

7. Meteor.js

Meteor.js merupakan framework Node Js terakhir dalam daftar ini. Framework ini pertama kali dikembangkan pada akhir tahun 2011. Sebelumnya bernama Skybreak kemudian diganti menjadi Meteor pada bulan Januari 2012. Meteor.js berlisensi MIT yang artinya framework ini bersifat open source.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment