X

Wednesday, August 12, 2020

Cara Membuat Project Baru dengan Ruby on Rails

 

 

Pada postingan sebelumnya Mengenal dan Menginstall Ruby on Rails kita telah menginstall bahan-bahan yang diperlukan untuk menjalankan Rails atau Ruby on Rails. Tentunya membuat project baru adalah langkah yang perlu di ketahui sebagai dasar membuat web menggunakan Rails ini.

Membuat Project baru di Rails

Sebagai contoh disini kita akan membuat project baru bernama "hello_world". Cara membuatnya sangat mudah anda tinggal buka CMD dengan menekan Windows + R kemudian ketikkan CMD.

Setelah CMD terbuka, arahkan ke folder tempat anda ingin menyimpan file Rails anda. Disini saya mengarahkannya pada "E:\ruby_on_rails", anda bisa menentukan sesuka hati tempat penyimpanannya. Untuk mengarahkan ketikkan perintah "cd E:" kemudian masuk ke folder "cd ruby_on_rails", seperti pada gambar.
 

 

Setelah berada di folder atau directory yang di inginkan, ketikkan perintah rails new hello_world. Intruksi tersebut mengisyaratkan untuk membuat project baru dengan nama "hello_world". Rails akan melakukan proses pembuatan project sehinnga nantinya akan muncul folder baru directory hello_world (E:\ruby_on_rails\hello_world).
 

 

Langkah selanjutnya arahkan CMD ke folder baru tadi dengan perintah "cd hello_world". Kemudian jalankan perintah bundle install pada cmd.

Bila terjadi error yang menginstruksikan untuk menginstall wabpacker silahkan ketikkan perintah rails webpacker:install. Kemudian ulangi lagi perintah bundle install. Akan tampak seperti pada gambar apabila tidak terjadi error, project rails kemudian bisa anda jalankan.
 

 

Menjalankan atau Run Project Rails

Selanjutnya yang perlu dilakukan untuk memastikan apakah project sudah tidak memiliki kesalahan adalah dengan menjalankannya. Untuk menjalankan project Rails pastikan anda memiliki browser, kemudian ketikkan perintah pada cmd yaitu rails server atau rails s tentunya di dalam directory yang telah kita buat.

Berikut gambar yang akan muncul di CMD jika proses run server berhasil di lakukan.



Seperti yang di intruksikan di CMD anda bisa menjalankan web pada browser dengan port 3000. Buka browser anda lalu ketikkan localhost:3000 pada adrress bar. Tampilan awal Rails pada browser akan tampak seperti pada gambar.


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment