X

Saturday, August 22, 2020

Mengenal Apa itu Express JS Hingga Cara Penginstalan

 

Express.js atau express merupakan framework Node js paling populer di dunia. Banyak perusahaan yang menggunakan Node Js akan menggunakan Express sebagai frameworknya. Ini tidak lepas dari banyaknya komunitas, serta dokumentasi tentang Express js yang memudahkan dalam membangun web. Selain itu express dirilis secara open source dibawah lisensi MIT yang berarti kodenya terbuka untuk umum.

Sebagai sebuah framework atau kerangka kerja express menawarkan fitur seperti routing, rendering view, serta mendukung middleware. Mungkin ada yang tidak tahu apa itu middleware ?.

Middleware merupakan istilah dalam dunia IT untuk perangkat lunak yang berperan sebagai penengah antara sebuah aplikasi dengan aplikasi lain. Salah satu kegunaan middleware adalah menyaring request yang masuk sebelum akhirnya di berikan kepada controller.

Framework express ini dapat di Install menggunakan NPM (Node Package Manager). Untuk cara penginstalannya sebagai berikut :

Menginstall Express.js

Untuk menginstall atau menggunakan express pada project web yang dibuat, bisa dilakukan dengan menginstall module terlebih dahulu dengan cara mengetikkan perintah npm install express --save pada CMD.

Kemudian terapkan express.js pada project, contohnya seperti kode di bawah :



Keterangan :


var express = required ('express'); Menginstruksikan server untuk menggunakan module express.

var app = express(); Menginstruksikan untuk menjalankan method express().

app.get ('/', function (req, res) { res.send ('Hello World!'); }); kode ini mengisyaratkan ketika url yang dibuka adalah "localhost:3000" maka function ini yang akan di jalankan. Sehingga yang muncul adalah "Hello World!".

app.listen (3000, function () { }); Menandakan aplikasi dijalankan pada port 3000.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment