X

Monday, August 10, 2020

Mengenal dan Menginstall Ruby on Rails

 

Sebelumnya kita telah membahas tentang Ruby dimana dalam postingan tersebut sempat disinggung tentang Ruby on Rails yaitu sebuah framework Ruby yang dikhususkan untuk membuat aplikasi web. Pada postingan kali ini kita akan membahas tentang apa itu Ruby on Rails hingga bahan apa saja yang perlu di install sebelum memulai bekerja dengan Ruby on Rails.

Apa itu Ruby on Rails

Seperti yang sudah disebutkan di atas Ruby on Rails atau biasa disebut Rails merupakan framework yang berjalan menggunakan bahasa Ruby. Framework ini dikhusukan untuk membangun aplikasi berbasis WEB sama halnya seperti Django pada Phyton atau Codeigniter pada PHP.

Rails juga mengadopsi konsep MVC sehingga pengguna yang biasa menggunakan Codeigniter ataupun Laravel akan lebih mudah mempelajarinya.

Menginstall Bahan yang Diperlukan



Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk belajar Rails adalah menginstall bahan-bahan yang di butuhkan. Pertama yang perlu di install tentunya Ruby itu sendiri. Cara penginstalan Ruby dapat anda baca di Cara Menginstall Ruby di Windows. Secara garis besarnya berikut bahan-bahan yang diperlu diinstall.
  • Ruby
  • gem
  • bundle
  • rails
Jika anda mengikuti tutorial menginstall ruby yang telah saya posting maka anda sudah menginstall satu paket Ruby, gem, dan bundle. Bahan yang perlu di install hanya tinggal rails.

Cara menginstallnya cukup mudah, silahkan buka CMD kemudian ketikkan perintah dibawah.

gem install rails

Pastikan anda terkoneksi dengan internet selama penginstalan. Jika sudah selesai waktunya anda mengecek semua bahan apakah sudah siap atau belum dengan mengetikkan perintah berikut pada CMD.

Mengecek Ruby

	
ruby -v
	


Mengecek gem

	
gem -v
	


Mengecek bundle

	
bundle -v
	

Mengecek rails

	
rails -v
	
Jika muncul tulisan versi yang digunakan seperti pada gambar di bawah berarti semua bahan telah siap digunakan.



Sekarang anda bisa membuat project baru dengan Rails. Untuk cara membuat projectnya anda dapat baca di postingan Cara Membuat Project Baru dengan Ruby on Rails.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment