X

Friday, November 27, 2020

RUBY ON RAILS #2 PASSING DATA DARI CONTROLLER KE VIEW


 

Passing data dari controller ke view merupakan sebuah proses pengiriman data dari controller sehingga data nantinya bisa ditampilkan pada halaman web. Passing data ini akan banyak dipergunakan ketika membuat sebuah website. Terutama dalam urusan menampilkan data dari database. Namun pada postingan ini data yang akan dicontohkan masi berupa data statis dalam bentuk array.

Sebelumnya pastikan untuk membuat controller dan view terlebih dahulu. Untuk cara pembuatan controller silahkan buka postingan sebelumnya Ruby On Rails #1 Membuat Controller dan View.

Langsung saja berikut cara untuk melakukan passing data dari controller ke view Ruby On Rails.

1. Definisikan data pada Controller

Buka controller app -> controllers -> nama controller, kemudian definisikan data yang akan di kirim ke view. Misalnya data yang akan dikirim berupa string, maka tulis kodenya seperti dibawah:

class WelcomeController< ApplicationController
def index
@title = 'Ini adalah blog codingrakitan.blogspot.com'
end
end

2. Tampilkan data pada View

Selanjutnya buka view html yang terhubung dengan controller. Kemudian tambahkan kode seperti berikut :

<h1>Welcome</h1>
<p><%= @title %></p>
Hasil tampilan dari kode tersebut akan tampak seperti gambar dibawah.





Jadi untuk menampilkan data yang telah dikirim dari Controller digunakan <%= @title %> dimana "@title" merupakan nama data yang telah didefinisikan pada controller. Nama data ini bisa di atur sesuai keinginan, dan mengandung tipe data seperti int, string, array dan lain-lain. 

 

 

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment