X

Wednesday, November 14, 2018

Cara Membuat Project Baru di Android Studio


Hai sobat, kali ini tutorial CodingRakitan akan membahas tentang bagaimana cara membuat project baru pada Android Studio. Kalian semua pastinya sudah tahu apa itu Android Studio bukan. Kalau belum tahu, jadi Android Studio itu adalah sebuah perangkat lunak yang ditujukan dalam pembuatan aplikasi berbasis Android.

Hal utama yang perlu anda pelajari dalam menggunakan Android Studio adalah cara membuat project baru. Menurut saya ini adalah hal yang paling dasar sekali, tetapi banyak di antara para pemula yang tidak tahu cara ini. Bisa karena faktor pertama kali berjumpa dengan Android Studio. Hal ini juga pernah saya alami ketika pertama kali menginstal Android Studio, saya tidak tahu bagaimana caranya untuk membuat sebuah project, karena adanya kemauan akhirnya sekarang saya sudah banyak tahu tentang Android Studio.

Mari kita mulai untuk membuat project baru :

1. Buka aplikasi Android Studio kemudian pilih "Start a new Android Studio project".



2. Silahkan isi Aplication name dengan nama project anda, misalnya "Kalukulator", Company domain isi sesuai dengan company domain anda misalnya disini saya menggunakan "coding.rakitan.com" (ingat ini nantinya akan membedakan aplikasi anda dengan aplikasi lain yang ada di play store jadi usahakan unik, atau tidak ada kesamaan dengan yang lain), dan Project Location biasanya otomatis terisi, tetapi anda bisa mengganti sesuai yang anda inginkan. Jika sudah diisi semua silahkan klik next.




3. Selanjutnya pada window Target Android Devices, centang "Phone and Target" dan pilih API 15: Android 4.0.3 (IceCreamSandwich) lalu tekan next. Catatan : anda bisa memilih API android sesuai dengan API target yang anda inginkan, tetapi pastikan platform API yang anda pilih telah trinstal pad SDK.




4. Pada "Add an Activity to Mobile" silahkan pilih "Empty Activity" lalu tekan next. Ada banyak activity yang bisa anda pilih, tetapi untuk pemula ada baiknya anda memilih Empty Activity, sebab itu akan membuat anda tidak kebingungan nantinya pada file activity_main.xml atau pada file javanya nanti.




5. "Configure Activity " biarkan default saja, langsung klik Finish lalu tunggu sejenak aplikasi melakukan Building, sambil menunggu anda bisa membuat kopi atau teh mungkin. Untuk pemula di anjurkan Activity name dan layout namenya tetap default. Activity Name merupakan nama class atau nama file javanya nanti, kemudian Layout name adalah nama layout atau tampilan pertama pada aplikasi nantinya.



6. Setelah anda mengklik finish pada tahap ke 5 maka sampailah kita di layar utama project aplikasi.




Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat untuk kalian semua. Nantikan tutorial-tutorial menarik selanjutnya yang akan dibahas CodingRakitan. Jika dirasa bermanfaat silahkan sharing ke teman-teman kalian semua atau jika anda tidak ingin ketinggalan postingan terbaru dari CodingRakitan. Silahkan klik suka halaman pada halaman Facebook di samping. Insya Allah setiap postingan terbaru akan selalu di update disana , terima kasih.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

1 comment:

  1. Very good article. Very helpful tutorial in the beginning to make Android applications through Android Studio

    ReplyDelete