X

Saturday, November 3, 2018

Apa Saja Persiapan Untuk Membuat Website ?

Sebagai orang awam yang ingin membuat sebuah website tentunya banyak yang bingung dan bertanya-tanya "Apa yang harus saya lakukan sebelum memulai untuk membuat sebuah website ?". Pertanyaan lain yang banyak muncul seperti "Apa yang harus saya butuhkan ?" serta "Aplikasi apa yang harus digunakan ?".

Tenang saja Codingrakitan disini akan membantu anda untuk membuat website dari awal sekali. Modal awal yang harus anda miliki adalah semangat. Bila anda sudah memiliki semangat maka mari kita melangkah ke acara selanjutnya,..eits maksudnya tahap selanjutnya :

Apa yang harus saya lakukan sebelum memulai untuk membuat sebuah website ?

Jawaban dari pertanyaan seperti di atas adalah menyiapkan perangkat-perangkat, baik lunak maupun keras. Untuk perangkat keras seperti laptop atau komputer anda tidak perlu memaksakan untuk menggunakan spek dewa. Cukup yang sederhana saja seperti RAM 2GB, processor 1 Ghz, itu sudah cukup. Mengapa demikian, karena dalam membuat web aplikasi yang digunakan tidaklah terlalu berat seperti saat membuat aplikasi Android.

Lebih dari itu, yang paling utama adalah sifat anda, apakah anda akan cepat menyerah bila mendapat kesusahan atau mencari jawabannya hingga dapat. Bagi anda yang gampang menyerah jangan harap anda bisa menjadi seorang programmer web atau programer. Tanamkan dalam diri anda untuk selalu semangat mencari solusi atau jawaban.

Agar anda tidak pusing ketika memulai membuat website, pahami dulu dasar dari HTML (Hypertext Markup Language). Karena HTML adalah bahasa pemrogaraman web yang paling dasar menurut saya.
Yang perlu anda ketahui bahwa script seperti :

<html>
  <head>
        <title></title>
  </head>
    <body>

    </body>
</html>
Itu adalah script dasar dari HTML dimana setiap tag akan dimulai dengan pembukaan "<>" dan akan di akhiri dengan penutup "</>". Contohnya diawali dengan "<html>" dan ditutup dengan "</html>".

Apa yang harus saya butuhkan ?

Seperti yang saya katakan di atas yang anda butuhkan adalah:


  • Semangat pantang menyerah
  • Laptop atau komputer tentunya
  • Referensi (seperti codingrakitan.blogspot.com )
  • Aplikasi penunjang web
  • Mulailah dengan web sederhana

  • Aplikasi apa yang harus digunakan ?

    Ada banyak aplikasi yang bisa anda gunakan, tetapi disini akan saya berikan contoh aplikasi yang menurut saya sangat cocok digunakan untuk orang awam. Adapun aplikasi tersebut seperti :


  • 1. XAMP - alamat download (XAMP)
  • 2. Sublime Text (text editor khusus programming) - alamat download (Sublime Text)
  • 3. Mozilla Firefox (browser untuk melihat web) - alamat download (Mozilla Firefox)


  • Saya akan mulai menjelaskan dari aplikasi pertama XAMP, jadi XAMP merupakan aplikasi yang akan berfungsi sebagai server. Dmana dalam aplikasi ini anda bisa menjalankan Apache HTTP Server, MtSQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis menggunakan PHP dan Perl. Aplikasi ini sebenarnya diperuntukkan untuk orang-orang yang sudah paham dasar pemrograman web. Tetapi tidak ada salahnya anda sudah mulai memiliki aplikasi ini meskipun masih awam.


    Selanjutnya ada Sublime Text yaitu sebuah text editor seperti halnya Notepad. Bedanya aplikasi ini dirancang khusus dalam hal pemrograman. Banyak fitur didalamnya yang akan membantu ketika anda koding. Aplikasi ini mendukung banyak bahasa pemrograman, bukan hanya bahasa pemrograman web.

    Terakhir adalah Mozilla Firefox, anda mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi ini atau bahkan anda sudah berteman baik. Yaps fungsi aplikasi ini nantinya adalah untuk menampilkan hasil codingan yang telah dibuat. Kan jadi lucu ceritanya bila anda cape-cape koding tapi gak bisa lihat hasilnya bagaimana.

    Jika sudah mendownload aplikasi di atas anda tinggal instal. Saya percaya anda pasti sudah bisa menginstal aplikasinya jadi tidak usah saya jelaskan lagi. Tapi bila anda ada kendala silahkan beritahu apa kendalanya melalui kolom komentar di bawah.. okey.. sekian dulu dari Codingrakitan.


    Bagikan artikel ke:

    Facebook Google+ Twitter

    0 comments:

    Post a Comment