X

Tuesday, May 23, 2017

Perbedaan Membuat Aplikasi Android Menggunakan Eclipse dengan Android Studio



Dalam membuat aplikasi kita membutuhkan sebuah tool atau alat yang digunakan untuk mengeksekusi sebuah program yang akan di masukkan kedalam aplikasi atau membuat dari awal aplikasi kita.

Untuk membuat aplikasi android terdapat 2 tool (alat) yang aling sering diguanakan oleh developher android yakni Eclipse dan Android Studio. Cara pembuatan menggunakan kedua tool bisa dibilang sama, hanya saja android studio lebih berat dalam hal kinerjanya dibanding dengan Android studio.

Eclipse 


Eclipse merupakan sebuah IDE ( Integrated Development Environment) untuk mengembangkan atau membuat perangkat lunak yang dapat dijalankan disemua platform. Eclipse tidak hanya bisa membuat aplikasi android tetapi juga bisa untuk membuat aplikasi Windows, linux, dengan dukungan bahasa  pemrograman berorientasi objek seperti C++, java, cobol, phyton, perl, PHP dan lain sebagainya.

Untuk dapat menggunakan eclipse sebagai tool untuk membuat alikasi android maka di perlukan pengsinkronan atau dihubungkan dengan SDK (Software Developmen Kit). Untuk kamu yang berniat mencoba Eclipse silahkan klik download dibawah, file ini sudah berisi sdk atau sudah tersambung SDK jadi tinggal kamu gunaka.

Download Eclipse IDE 

Android Studio



Sama halnya seperti eclipse android studio juga merupakan IDE (Integrated Development Environment) bedanya android studio hanya khusus untuk pembuatan aplikasi berplatform android. Android studio sendiri suda memiliki SDK bawahan jadi tidak perlu di hubungkan lagi dengan cara-cara yang meneurut saya ribet. Hanya saja untuk menjalankan tools ini kita perlu komputer dengan spek tinggi , seperti:

Ram : 4 GB (min)
Processor : 2.5 Ghz (min)
Ruan harddisk : 2 GB

Untuk mendownload Android Studio silahkan langsung kunjungi alamat resminya https://developer.android.com/studio/index.html

Perbedaan Eclipse dengan Android Studio dalam Segi Fitur 


FiturAndroid StudioEclipse ADT
Build systemGradleAnt
Maven-based build dependenciesYesNo
Build variants and multiple-APK generationYesNo
Advanced Android code completion and refactoringYesNo
Graphical layout editorYesYes
APK signing and keystore managementYesYes
NDK supportYesYes




Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment