X

Friday, April 22, 2016

Cara Mudah Membuat File-file Kedalam Format Rar dan Zip





Pernah tidak sobat melihat file di komputer sobat yang formatnya rar dan  zip. Yang mana file itu hanya bisa dibuka dengan menggunakan aplikasi seperti Winrar, winzip, dan lain sebagainya. Tahukah anda apa sebenarnya itu zip dan rar
dan kenapa orang banyak sekali orang yang membuat file mereka berformat seperti ini terutama yang ada di internet. Hmm sebenarnya zip dan rar itu bisa digambarkan seperti folder yang mana folder ini dapat kita masukkan berbagai file mulai dari video, audio, text, document, bahkan sampai isi dari semua program. Kalau kegunaanya bisa kita gambarkan seperti kantong plastic, yang bisa menampung banyak belanjaan kita ini sama halnya seperti kita punya banyak  file-file misalkan saja jumlah filenya 100 yang ingin di upload ke situs website, kebayangkan betapa capeknya bila harus uplod satu-satu apalagi jika file ditujukan buat di download sama pengunjung bisa-bisa pengunjung pada lari semua.
Maka  untuk mengatasi permasalahan seperti di atas kita  perlu memasukkan file-file kita ke dalam folder tetapi pertanyaannya kan folder tidak bisa di upload, jadi ubahlah terlebih dulu folder yang isinya file-file ini kedalam bentuk zip maupun rar dengan menggunakan aplikasi winrar ataupun winzip.
Untuk cara mengubah foldernya kedalam bentuk zip atau rar bisa anda baca berikut ini :
1.       Komputer anda harus terinstal aplikasi winrar atau winzip. Terserah anda mau ilih mana disini saya sendiri menggunakan winrar. Untuk yang belum punya silahkan download di google terlebih dulu. 
2.       Bila sudah terinstal selanjutnya  tempatkan file-file anda  ke dalam satu folder. Misalnya disini saya memasukkan 5  file word ke dalam folder dengan nama folder “membuat file zip dan rar”.



3.       Klik kanan pada folder kemudian pilih “Add to archive...



4.       Bila sudah muncull seperti gambar di bawah klik tab “General” lalu pada Archive Format silahkan pilih tipe format mau Rar atau Zip, untuk kali ini saya akan pilih format Rar. Kemudian klik ok.



5.       Bila proses pembuatan telah selesai maka otomatis file Rar akan muncul di samping folder yang telah kita buat tadi.



Sedikit catatan, setelah menentukan format zip atau rar kemudian anda ok maka aplikasi akan otomatis melakukan pembuatan file Rar. Biasanya untuk file-file yang memiliki ukuran tinggi seperti 100 mb pada proses ini akan berlangsung lama jadi anda harus sabar menunggu.   

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment