X

Sunday, April 24, 2016

CARA MUDAH MEMBUAT LOGO MENGGUNAKAN COREL DRAW




Sobat ingin pandai membuat logo ataupun karakter dengan menggunakan Corel Draw, maka agan haru belajar terlebih dahulu Dasar. Mungkin anda akan merasa jenuh apabila mendengar kata dasar, seperti halnya saya dulu inginnya langsung belajar corel yang tingkatan tinggi. Setelah belajar-belajar akhirnya saya sadari bahwa belajar dari dasar
memang sangat penting.  Anda jangan teralalu berambisi ingin langsung menuju jenjang yang lebih tinggi sebelum belajar dasarnya karena pada akhirnya anda sendiri yang akan bingung. Syarat untuk menjadi ahli Corel Draw tidak membutuhkan keahlian khusus yang terpenting adalah terus berlatih membuat logo sebanyak mungkin. Saya anjurkan untuk berlatih membuat logo yang berbeda lebih dari 100 buah. Jangan sekaligus membuat 100 logo dalam satu hari, lakukan secara bertahap misalnya 1-5 logo dalam satu hari, atau kalau tidak ada kesibukan buatlagi logo. 

Apa gunanya membuat logo sebanyak itu ?
Dengan berlatih membuat logo yang berbeda-beda, nantinya anda akan mendapatkan berbagai masalah yang anda tidak tahu caranya. Carilah cara menyelesaikan masalah itu, dari berbagai masalah nantinya yang bisa anda pecahkan akan membuat anda semakin banyak mendapatkan pengetahuan tentang Corel Draw, tetapi saya tekankan disini anda harus memiliki kesabaran yang extra dan jangan pantang menyerah. 
Sekarang buat anda yang sudah berniat untuk belajar membuat logo tidak usah cape-cape cari guru privat kalau untuk urusan yang satu ini. Belajar dengan cara outodidak pun bisa, contohnya saja saya ini hanya belajar dari internet. Karena saya sudah punya cukup banyaklah pengetahuan tentang corel draw.  Saya akan megajarkan bagaimana dasar Membuat Logo menggunakan Corel Draw bagi Pemula tapi untuk kali ini satu logo aja yah nanti tinggal anda praktekkan cara ini untuk membuat 100 logo karena caranya sama saja. Sebelum angan memulai ada baiknya menyediakan bahannya terlebih dahulu :
  • ·         Aplikasi Corel draw
  • ·       Sketsa Logo (gamar logo)
Untuk sketsa  logonya bisa digambar sendiri di kertas kemudian scan masuk ke komputer angan, jika tidak punya scan bisa juga menggunakan kamera handphone agan, foto sketsa kemudian masukkan file hasil potretan agan ke komputer. Pada awal belajar corel Draw saya hanya menggunakan kamera handphone, sekrang karena sudah bisa di bilang jago jadi saya tidak terlalu bergantung pada sketsa, apa yang ada dalam fikiran saya langsung bentuk di dalam corel draw. Tapi jangan beranggapan kalau sketsa itu tidak penting, sketsa itu sangat penting apa lagi buat seorang pemula itu akan sangat membantu dalam  penentuan bentuk. Kalau anda nanti sudah jadi senior atau handal pakai sketsa atau tidak tergantung anda. Oke kembali ke topik saya anggap disini anda telah memasukkan gambar sketsa ke dalam komputer maka selanjutnya  ikuti langkah-langkah di bawah :

langkah-langkah membuat Logo Menggunakan Corel Draw :
1.       Buka Corel Draw terlebih dahulu
2.       Masukkan sketsa logo yang telah dibuat, bisa dengan cara mendrag langsung sketsa dari komputer ke layar Corel Draw


3.       Mulailah pengeditan dengan menggunakan ellipse tool seperti gambar. Ini untuk permulaan kita sebaiknya menggunakan ellipse tool karena lebih mudah menurut saya. 


4.       Klik kanan pada Ellipse pilih Convert to Curves , liat gambar

 
5.       Edit Ellipse mengikuti seketsa yang ada di belakang  caranya select Ellipse lalu klik Shape tool hingga muncul tanda panah berwarna biru seperti pada gambar kemudian klik kanan lalu pilih Cusp, lakukan ini pada sisi atas bawah , kiri kanan. 


7.       Edit hingga ellipse seperti sketsa yang kita buat. dengan cara menarik tanda panah yang berwarna biru.


8.       Sekarang tinggal diwarnai sesuai ke inginan kita.


Untuk Teknik pewarnaan akan saya ajarkan pada postingan  selanjutnya, jadi update terus blog ini jika anda ingin menjadi mahir corel draw. Buat yang masi belum paham silahkan bertanya ……..

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment