X

Friday, April 15, 2016

Trik Membuat Surat Massal Kurang dari 10 Menit


Trik ini saya dapatkan dari google, ketika itu saya mendapat tugas untuk membuat surat yang jumlahnya bukan main. Mau tidak mau yah harus dikerjain karena sudah terlanjur jadi pengurus sebuah acara. Yang membuat saya jenuh karena isi suratnya sama semua yang berbeda hanya nama penerimanya saja, kebayang gak sih buat surat ratusan yang isinya sama semua trus yang diganti hanya beberapa kalimat atau kata saja.

Pasti dalam otak anda akan terpikir kenapa sih Microsoft word tidak buat cara cepat untuk bikin ni surat cepat jadi biar bisa cepat tidur, dan itulah yang terbenak difikirkan saya hingga akhirnya memutuskan untuk searching di google dan akhirnya ketemu caranya.

Ternyata caranya sangat simple dan mudah sekali. Saya tidak perlu capek-capek lagi copy paste isi suratnya hingga ratusan halaman. Buat halamannya Cuma satu lembar aja yang nanntinya akan otomatis bertambah sesuai dengan jumlah nama penerima yang kita tuliskan di dalamnya. Trik ini berguna sekali buat anda yang bekerja dalam dunia persuratan dan bagi anda yang ingin menulis surat cinta ke banyak gadis juga bisa menggunakan cara ini hehehe

Atau anda yang seorang pekerja kantoran mendapat tugas dari bos bikin surat yang ingin dikirim ke ribuan orang, sehingga anda harus lembur….anda membaca artikel yang tepat, baca terus artikel ini dan anda bisa membuat bos anda terheran-heran karna dapat menyelesaikannya dengan cepat tanpa lembur.

Bagaimana Cara Membuatnya ?

Untuk membuatnya kita bisa menggunakan bantuan saudara dari Microsoft word yakni Microsoft excel….tapi jangan salah sangka dulu kalau caranya ini harus wajib menggunakan Microsoft excel, bisa juga kog kita buat tanpa menggunakan bantuan Microsoft excel tapi menurut saya agak ribet.

Nah karena yang kita cari kan yang simple-simple saja maka kita menggunakan Microsoft excel saja. Dengan Cara Membuat Surat Massal ini anda hanya memerlukan waktu tidak sampai 10 menit, itu untuk anda yang cepat mengetiknya untuk yang masi lelet ya mungkin di bawah 15 menit lah. Penasaran bagaimana caranya langsung saja ceki doc :
  1. Pastinya yang pertama bukan dulu aplikasi Microsoft word
  2. Silahkan tulis suratnya etah itu kop surat, isi surat, penutup surat, dll sebagainya….tapi untuk tempat penerimanya kita kosongkan aja dlu seprti pada gambar
  3. Setelah satu halaman surat selesai di buat sekarang buka Microsoft excel
  4. Pada kolom pertama ketik nama atau kata sembarang karena nantinya ini hanya akan jadi judulnya saja
  5. Selanjutnya pada kolom kedua isi nama yang ingin dikirimi surat kemudian nama selanjutnya di kolom ketiga , dan begitu seterusnya sampai selesai kemudian save document
  6. Buka kembali surat kita tadi yang ada di Microsoft word
  7. Klik tab Mallings – Use existing list – lalu cari file excel yang tadi kita simpan – klik open
  8. Ketika muncul Selec table pastikan pilih sheet 1 lalu ok
  9. Tempatkan kursor pada tempat nama penerima lalu klik tab millings- insert Marge Field maka pilih nama karena tadi kita menuliskan “nama” di kolom pertama
  10. Otomatis akan muncul seperti ini <nama>
  11. Silahkan klik Privew untuk melihat nama penerima
  12. Untuk memunculkan semua surat dan nama penerimanya klik Finish & Merge – Edit Individual Document – pada Marge Records pastikan pilih all
  13. Seluru halaman surat beserta nama-nama penerimanya akan muncul secara otomatis pada dokumen baru selanjutnya tergantung anda mau simpan atau langsung print

Demikian postingan kali ini tentang Trik Membuat Surat Massal Kurang dari 10 Menit semoga bermanfaat bagi anda sekalian,…..

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment