X

Saturday, April 30, 2016

Inilah Cara Kerja Processor, Harddisk,Power Supply,dan Heatsink Pada CPU




Agar dapat digunakan, sebuah komputer haruslah memiliki perangkat keras. Perangkat keras pada komuter dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan fungsinya yakni perangkat masukan, pemroses, dan perangkat keluaran.
Untuk kali ini saya mau menjelaskan tentang cara kerja perangkat pemroses yang mana seperti kita ketahui, semua perangkat pemroses utama pada komuter terletak pada
CPU (Central Processing Unit).Di dalam CPU terdapat banyak sekali komponen yang memiliki fungsinya masing-masing, untuk kali ini saya hanya akan menjelaskan cara kerja dari beberapa Komponen inti pada CPU seperti Processor, Harddisk, Power Supply, dan Heatsink.
 Keempat perangkat yang saya sebutkan diatas merupakan kedalam jenis perangkat pemroses yang berfungsi memproses data masukan, yang selanjutnya akan dikeluarkan melalu perangkat keluaran seperti monitor.
Cara Kerja
Processor 

Cara kerja prosesor melakukan tugas : penunjuk instruksi mengarahkan fetch instruksi ke sebuah spot di memori yang menampung sebuah instruksi fetch kemudian menangkap instruksi tersebut dan memberikannya ke decoder instruksi, kemudian mengamati instruksi tersebut dan menentukan langkah selanjutnya untuk melengkapi instruksi tersebut. Alu kemudian mengerjakan perintah yang diminta instruksi : menambah data, membagi data, atau memanipulasi data yang ada. Setelah prosesor menerjemahkan dan mengerjakan instruksi. Unit kontrol memberitahukan fetch instruksi untuk menangkap instruksi berikutnya di memori. Proses ini berlangsung terus menerus. Dari satu instruksi ke instruksi berikutnya, dalam suatu langkah yang rumit, untuk menciptakan hasil yang dapat dilihat di monitor. 

Harddisk


Langkah pertama, dilakukan pengaksesan terhadap harddisk untuk melihat dan menentukan lokasi di sebelah mana informasi yang dibutuhkan ada di dalam ruang harddisk.
Langkah kedua, harddisk akan bekerja dan memberikan informasi di mana data/informasi yang dibutuhkan tersedia, sampai kemudian menyatakan “informasi yang ada di track sekian sector sekianlah yang kita butuhkan”.
Langkah ketiga, pengendalian program yang ada pada harddisk akan mengecek untuk memastikan apakah informasi yang diminta sudah tersedia pada internal buffer yang dimiliki oleh harddisk ( biasanya disebut cache atau buffer ) bila sudah oke, pengendali akan menyuplai informasi tersebut secara langsung, tanpa harus melihat lagi ke permukaan pelat itu karena seluruh informasi yang dibutuhkan sudah dihidangkan di dalam buffer.
Langkah terakhir, Papan pengendali akan mengkoordinasikan aliran informasi dari harddisk menuju ke ruang simpan sementara (buffer, cache). Informasi ini kemudian dikirimkan melalui interface harddisk menuju sistem memori utama untuk kemudian dieksekusi sesuai dengan aplikasi atau perintah yang kita jalankan.

Power Supply

Tegangan AC 220v, akan diberikan ke rangkaian dioda, yang di rangkai secara jembatan, sehingga tegangan AC tersebut menjadi tegangan DC sinus penuh hanya positifnya. Tegangan DC tersebut, kemudian di filter oleh Capacitor reservoir utama, sehingga menjadi tegangan DC kasar sekitar 310v. Tegangan DC kasar tersebut, akan diberikan ke kumparan primer trafo feritte dan ujung kumparan satunya, akan dihubungkan ke Collector transitor power dan keluar dari Emitter transistor power, ke resistor Emitter dan ujung satunya, ke ground power supply.

Heatsink

Heatsink ini  bekerja pada saat proses penghasilan panas pada komputer bekerja, jika perangkat itu tidak menghasiklan panas maka heatsink pun tidak akan berputar , Heatsink ini akan menerima panas dari processor lalu panas yang dihasilkan prosesor tersebut akan menyebar keseluruh bagian heatsink dengan sama rata. panas yang dihasilkan prosesor tadi haruslah dibuang, naaah yang berfungsi untuk membuang panasnya adalah fan, fan ini akan menyemburkan banyak udara keseluruh bagian heatsink dan membuang seluruh panas yang ada.


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

1 comment:

  1. Thanks untuk Infonya,
    Ditunggu kunjungan baliknya ke postingan terbaru saya di Cara Hapus Riwayat Penelusuran Browser atau bisa juga mampir ke Web saya di Toko Komputer Online Terpercaya

    ReplyDelete