X

Wednesday, October 2, 2019

Cara Menginstall Aplikasi di Ubuntu



Ubuntu merupakan salah satu sistem operasi distribusi Linux, yang berbasis Debian. Sistem operasi ini pertama kali dirilis pada tahun 2004.

Penggunanya yang belum terlalu banyak seperti Windows membuat referensi tentang Sistem Operasi ini tidak terlalu banyak.

Untuk seorang pemula pelajaran pertama yang bisa anda lakukan adalah menginstall aplikasi. Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk menginstall aplikasi di Ubuntu yaitu melalui Aplikasi Store yang sudah disediakan oleh ubuntu, atau menggunakan terminal.

Menginstall di Aplikasi Store


Nama aplikasi store ubuntu adalah Ubuntu Software, logonya bisa anda lihat pada gambar dibawah. Aplikasi ini menyediakan banyak jenis software yang bisa pengguna install dengan mudah. Aplikasi seperti pemutar musik, video, browser, dan lain-lain bisa anda temukan disini.



Cara penginstalannya juga sangat mudah, anda tinggal mencari aplikasi yang hendak di install kemudian klik aplikasi kemudian anda akan di arahkan ke halaman baru dimana disana terdapat tombol install. Silahkan klik tombol tersebut dan tunggu hingga proses selesai.



Perlu di ingat, agar dapat menginstall aplikasi diperlukan koneksi internet.


Menginstall menggunakan Terminal

Untuk penginstalan menggunakan terminal anda harus menghapal perintah untuk melakukan penginstalan. Selain itu nama aplikasi yang ingin anda install harus sesuai dengan yang ada di package.

1. Silahkan buka terminal dengan cara menekan CTRL + ALT + T
2. Ketikkan perintah sudo apt-get install namaAplikasi
3. Masukkan password anda jika ada lalu tekan enter
4. Tunggu hingga proses selesai.
5. Aplikasi siap digunakan.

Penginstalan dengan cara ini juga memerlukan koneksi internet.

Baca juga : Cara Uinstall Aplikasi di Ubuntu

Dikarenakan Ubuntu yang merupakan sistem operasi yang berbasis Debian, pengguna ubuntu juga dapat menginstall aplikasi dengan extensi .deb. Caranya anda tinggal mendownload file .deb kemudian klik dua kali pada file.

Cara penginstalan ini sama halnya ketika menginstal aplikasi di windows. Sayangnya tidak semua file .deb dapat di eksekusi di ubuntu.


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment