X

Wednesday, October 16, 2019

Mengenal Apa itu Android Studio


Android Studio merupakan tools IDE (Integrated Development Environment) yang digunakan untuk membuat aplikasi android. Fungsi utamanya adalah sebagai editor yang menyediakan berbagai kebutuhan dalam membangun aplikasi android seperti widget, library, dll.

Android Studio versi terbaru telah mendukung 2 bahasa pemrograman yaitu Java dan Kotlin. Sebelumnya hanya mendukung bahasa Java.

Android Studio hadir sebagai pengganti Eclipse ADT (Android Development Tools) yaitu tools utama sebelumnya. Tools Android Studio ini dibangun di atas aplikasi yang sudah populer sebagai editor programer yaitu JetBrains IntelliJ IDE. Selain itu Android Studio di lengkapi dengan Emulator sendiri.

Sama halnya seperti Eclipse, Android Studio juga memerlukan SDK (Software Development Kit) untuk membangun aplikasi android. Bedanya Android Studio didukung penuh oleh Google sebagai pengembangnya serta menggunakan grandle dalam melakukan build.

Baca juga : Perbedaan Membuat Aplikasi Android Menggunakan Eclipse dengan Android Studio

Tools ini di umumkan pertama kali pada tanggal 16 Mei 2013 di Google I/O conference, dimana pada saat itu masih dalam tahap review versi 0.1. Sedangkan versi betanya yaitu versi 0.8 baru dirilis pada Juni 2014.

Untuk versi stabilnya sendiri yaitu versi 1.0 dirilis pada Desember 2014. Google bersama dengan JetBrains sebagai pengembang Android Studio tidak hentinya melakukan update pada Android Studio, semua itu untuk semakin mempermudah para development android studio dalam membuat aplikasi android. Terbukti dengan rajinnya update pada Android Studio baik pada komponen-komponen pendukung, hingga pada tools itu sendiri. Sampai tulisan ini dibuat versi terbaru dari Android Studio adalah versi 3.5.1.


Struktur Android Studio

Android Studio memiliki 3 struktur utama yang harus diketahui oleh pengguna baru. Tiga struktur utama itu adalah manifests, java, dan res.

Manifests : Berisi file AndroidManifest.xml dimana dalam file ini diataur perizinan untuk mengakses perangkat pada android seperti camera, internet, memory, dan lain-lain. Selain itu manifets juga mengatur class activity mana yang pertama kali akan di eksekusi saat aplikasi di buka.

Java : Berisi file java yang merupakan kode sumber yang akan di eksekusi oleh program android. Disinilah diatur layout apa yang akan di tampilkan, serta activity apa yang akan dijalankan.

Res: Berisi semua source non-kode seperti layout, ikon, color, dan gambar bitmap.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment