X

Saturday, October 5, 2019

Mengenal Apa Itu Laravel dan Cara Penginstalannya


Laravel merupakan merupakan sebuah Framework PHP yang digunakan dalam pengembangan serta pembuatan website. Laravel dirancang dengan tujuan meningkatkan kualitas aplikasi dengan murangi biaya pengembangan awal.

Ketersediaan sintaks yang ekspresif, jelas, dan menghemat waktu dalam laravel dapat meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi. Dengan menggunakan framework laravel akan membuat pengerjaan aplikasi web menjadi lebih sederhana, sekaligus mendongkrak performa aplikasi yang lebih baik.

Sekarang ini banyak sekali framework PHP yang bisa digunakan. Laravel sebagai salah satunya hadir dengan mengusung tema menjadikan PHP sebagai bahasa yang lebih powerful, cepat, simple, dan tentunya aman.

Baca juga : 7 Framework PHP Terbaik dan Terpopuler versi Coding Rakitan

Framework ini dibangun dengan konsep MVC (Model, View, Controller) seperti halnya Framework Codeigniter. Konsep MVC ini memisahkan bagian-bagian aplikasi sehingga mudah untuk dipahami, bagian tersebut seperti :

  • Model - berfungsi untuk menghubungkan web dengan database. Didalam mengakses database tidak perlu lagi menuliskan panjang-panjang. Model ini akan dibahas lebih jauh di postingan selanjutnya.
  • View - berfungsi untuk menampung tampilan yang akan anda tampilakan pada web anda. View ini terhubung dengan Controller.
  • Controller - berfungsi untuk mengatur apa yang akan ditampilkan pada web, selain itu controller juga berguna menghubungkan antara model dan view.

Sejarah Laravel

Laravel dikembangkan oleh Taylor Otwell April 2011, dan diluncurkan di tahun yang sama. Laravel diluncurkan dibawah lisensi MIT.

Awal mulanya Otwell tidak menemukan framework PHP yang up-to-date dengan perkembangan versi PHP. Hal ini lantas menjadi alasan Otwell membuat project Laravel.

Sebelum dirilisnya laravel, Codeigniter menjadi framework yang paling banyak diguanakan pada saat itu. Namun ada kekurangan yang ditemukan Otwell pada codeigniter yakni beberapa fitur fungsional penting yang tidak support dengan PHP 5.3 seperti autentikasi dan routing. Laravel versi beta 1 kemudian hadir dengan mengisi fungsi yang kurang tersebut.


Cara Menginstall Laravel

Untuk dapat menginstall laravel terlebih dahulu computer sudah terinstall composer. Silahkan install composer dengan mengikuti langkah-langkah dalam postingan Mengenal dan Menginstall Composer. Bila composer sudah terinstall sekarang lanjut ke tahap penginstalan laravel.

  • Pertama tama buka CMD (Command Prompt) dengan menekan CTRL+R -> ketik cmd ->enter
  • Ketikkan perintah composer global require "laravel/installer" pada cmd. Digambar saya menginstall versi 1.1 jadi saya mengetikkan composer global require "laravel/installer=~1.1"
     
  • Selanjutnya arahkan cmd ke folder htdocs anda dengan mengetik cd C:\xampp\htdocs. Ingat sesuaikan dengan lokasi htdocs anda.
     
  • Ketikkan perintah laravel new appBaru. Perintah ini untuk membuat aplikasi baru dengan laravel dengan nama appBaru (silahkan buat dengan nama yang anda inginkan).

  • Jika muncul folder atau project baru di htdocs anda sesuai dengan nama di atas maka laravel sukses membuat project baru dan siap digunakan.
     

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment