X

Friday, October 4, 2019

Mengenal Apa Itu Cordova dan Cara Menginstall untuk Ionic



Pengguna framework ionic tentunya tidak asing dengan namanya Cordova. Sebab Cordova ini sangat penting ketika ingin melakukan transformasi dari aplikasi web ionic ke mobile aplikasi seperti android, iOS, atau Windows Phone.

Apache Cordova atau yang kita kenal sebagai Cordova merupakan sebuah framework yang digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile menggunakan bahasa CSS3, HTML5, serta JavaScript.

Jika Ionic menyediakan fasilitas seperti library, AngulasJS, dan kebutuhan dalam hal koding. Maka Cordova disini berperan untuk mengubah semua hasil kodingan tadi kedalam mobile aplikasi baik Android, iOS, ataupun Windows Phone.

Apache Cordova menggunakan satu sumber kode yang sama, hal ini membuatnya dapat membungkus aplikasi agar bisa berjalan di berbagai device ketimbang menggunakan API (Aplication Programming Interface) yang spesifik untuk masing-masing platform. API spesifik yang dimaksudkan disini seperti Java untuk Android, Swift untuk iOS, dan C# untuk Windows Phone.


Baca juga :
Pengertian API (Aplication Programming Interface).
Mengenal apa itu Swift dan Kegunaannya.
Mengenal apa itu C# dan Kelebihannya.
Penyebab Windows Phone tidak Laku di Pasaran.

Sebelum berganti nama menjadi Cordova atau Apache Cordova, awalnya framework ini dinamakan PhoneGap yang dibuat oleh perusahaan Nitobi asal Kanada. Barulah di tahun 2011 setelah Adobe System mengakuisisi perusahaan tersebut, PhoneGap berganti nama menjadi Aphace Cordova sekaligus menyerahkan pengembangan open sourcenya kepada Apache Software Foundation.

Instalasi Cordova

Penginstalan Cordova menggunakan NPM (Node Package Manager). Jadi sebelum memasang Cordova, terlebih dahulu install NPM.

Jika sudah terpasang NPM silahkan ketikkan perintah berikut menggunakan NPM.

npm install -g cordova

Proses ini membutuhkan koneksi internet serta kadang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Silahkan tunggu hingga proses selesai.

Setelah itu silahkan cek apakah Cordova benar-benar telah terpasang di perangkat anda dengan mengetikkan peritah berikut di Command Line atau Terminal.

cordova -v

Setelah melakukan pengecekan dan muncul nomor versi Cordova maka selamat, framework ini berhasil dipasang dan siap digunakan.

Baca juga : Mengenal Apa itu NPM dalam Node js dan Bagaimana Cara Menggunakannya


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment