X

Thursday, October 3, 2019

Mengenal apa itu C# dan Kelebihannya



C# atau dibaca C Sharp merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microdoft sebagai bagian inisiatif dari kerangka .NET Framework. Dalam penggunaanya bahasa ini sangat bergantung pada .Net Framework yang digunakan untuk mengcompile sekaligus menjalankan kode C#.

C# dibuat berbasiskan bahasa pemrograman yang sudah terkenal sebelumnya yaitu C++. Selain itu C# dipengaruhi oleh aspek-aspek dari bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain.


Cikal bakal dibuatnya C# oleh Microsoft dimulai dari program mereka yang ingin menggunakan bahasa Java di dalam sistem operasi Windows. Program ini kemudian melahirkan Microsoft Visual J++ pada akhir dekade 1990-an. Sayangnya pengembangan J++ terhenti dikarenakan masalah dengan pemegang hak cipta Java yaitu Sun Microsystem.

Microdoft akhirnya beralih untuk mencari pengganti J++ dengan menggandeng Andres Helsberg yaitu mantan karyawan Borland yang berhasil membuat bahasa Turbo Pascal dan Borland Delphi. Usaha tersebut menuai hasil di bulan Juli 2000 dimana untuk pertama kalinya diperkenalkan Bahasa C# sebagai bahasa modern berorientasi objek. Sekaligus menjadi bahasa pemrograman utama di dalam pengembangan platform Microsoft .NET Framework.

Kelebihan dari bahasa pemrograman C# adalah sebagai berikut :

  • Dapat digunakan sebagai server-side pada website, membangun aplikasi desktop, mobile, serta pemrograman game.
  • Berorientasi objek, sehingga mudah dipahami karena strukturnya yang rapi.
  • Mudah di transfer kedalam bahasa pemrograman lain seperti Java, Objective-C, PHP, dan C++.
  • Banyak perusahaan yang membutuhkan. Developher bahsa pemrograman C# termasuk developher yang banyak dicari perusahaan-perusahaan teknologi dunia.
Demikianlah postingan kali ini mengenai Mengenal apa itu C# dan Kelebihannya, semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment