X

Thursday, October 10, 2019

7 Framework PHP Terbaik dan Terpopuler versi Coding Rakitan


PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page yaitu salah satu bahasa pemrograman berbasis web. Sebagai bahasa pemrograman web PHP menjadi primadona dikarenakan banyaknya framework yang menggunakan bahasa ini. Berikut beberapa framework PHP terkenal yang banyak digunakan.

Laravel

Laravel merupkan framework PHP yang selalu up-to-date dengan versi PHP. Laravel mengusung konsep MVC (Model, View, Controller) dalam penggunaanya. Laravel dirancang dengan tujuan meningkatkan kualitas aplikasi dengan murangi biaya pengembangan awal.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang laravel silahkan kunjungi Mengenal Apa Itu Laravel dan Cara Penginstalannya.

Codeigniter

Codeigniter merupakan salah satu framework PHP yang mengusung konsep MVC sama halnya seperti laravel. CI atau Codeigniter pertama kali dirilis pada tanggal 28 Februari 2006.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Codeigniter silahkan kunjungi postingan Mengenal Apa itu Codeigniter (CI) beserta Sejarahnya

Symfony

Symfony dirilis pada tahun 2005 oleh Fabien Potencier. Dalam hal kualitas, tidak perlu dipertanyakan lagi sebab Symfony disusun berdasarkan standar PSR (PHP standard recommendation). Ketersediaan integrasi dari vendor library yang lain, menjadi salah satu keunggulan framework ini.

Symfony memiliki banyak dokumentasi yang ditulis dengan cermat, mencakup semua fituy Symfony. Untuk mendownload sekaligus melihat dokumentasi dari symfony silahkan kunjungi langsung halaman resminya disini.

CakePHP

CakePHP merupakan framework PHP bersifat open source yang dikembangkan oleh Cake Software Foundation. Tujuan utama dari CakePHP adalah menyediakan framework yang memungkinkan pengguna bekerja secara terstruktur dan cepat tanpa kehilangan fleksibilitas.

Dukungan dari tim pengembang serta komunitas yang aktif menjadi nilai tambah bagi CakePHP dalam mengait pengguna. Untuk mengetahui manfaat lain dari CakePHP silahkan kunjungi langsung disini.

Yii

Yii merupakan framework PHP yang dikembangkan oleh Yii Software LLC. Yii lahir dengan mengadopsi konsep MVC dalam struktur pemrogramannya.

Framework ini dirancang sebagai krangka kerja php berbasis komponen dengan performa tinggi untuk pembuatan aplikasi web berskala besar.

Diawal pengembangannya sejak 1 Januari 2008 oleh Qiang Xue (programer asal Tiongkok), framework Yii menggunakan bahasa kerangka kerja PRADO. Yii versi 1.0 akhirnya secara resmi di rilis pada 3 Desember 2008 setelah mengalami koreksi dan penyempurnaan.

The Zend Framework

Zend Framework merupakan framework php yang dikembangkan oleh Zend Technologies yaitu sebuah perusahaan perangkat lunak asal Amerika Serikat. Seperti halnya framework PHP kebanyakan, Zend juga mengadopsi konsep Model View Controller.

Framework ini juga bisa menggunakan Composer dalam penginstalan packagenya.

Hal yang membuat framework ini menjadi unik, dikarenakan Zend Framework menyediakan sertifikat resmi bagi yang ingin menjadi professional Zend Framework.

Zend Framework diluncurkan pertama kali pada 3 Maret 2006, untuk versi stabil 3.0.0 pada 28 Juni 2016. Framework ini ditulis dalam bahasa PHP 7 dan mendukung lintas platform.

FuelPHP

Salah satu framework PHP yang memiliki pengguna cukup banyak adalah FuelPHP. Framework ini termasuk sederhana dan fleksibel serta memiliki dukungan komunitas developer yang baik.

Pengguna FuelPHP akan disuguhi dengan kinerja framework ini yang minimalis, cepat, dan ringan serta clean syntax. Selain itu FuelPHP juga mendukung Composer, yang akan memudahkan programer dalam instalasi dependency FuelPHP pada project yang di kerjakan.

Pengguna Laravel atau Codeigniter tidak akan sulit beredaptasi dengan Framework ini dikarenakan FuelPHP juga mengusung konsep MVC.


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment