X

Thursday, October 3, 2019

Pengertian Alat Input pada Komputer Beserta Contoh dan Fungsinya



Alat input adalah alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Alat input sangat dibutuhkan untuk dapat menjalankan komputer PC atau Laptop. Fungsinya seperti memberikan instruksi kedalam komputer, memasukkan data berupa gambar, suara, video, yang nantinya dapat dikelola hingga menghasilkan output yang di inginkan.

Seberapa pentingnya alat input, untuk menjawab pertanyaan tersebut anda bisa membayangkan apa jadinya komputer tanpa mouse atau keyboard. Dengan membayangkannya saya rasa anda sudah mendapatkan jawabannya.

Contoh dari alat input antara lain:

1.Keyboard 



Papan ketik yang berfungsi memaksukan data baik itu char,number, Dan symbol. Dibedakan dari segi penempatan hurufnya, keyboard dibagi menjadi banyak jenis, akan tetapi yang paling umum digunakan adalah keyboard Qwerty.

2. Mouse 


Sebuah alat input yang di gunakan untuk menggerakkan cursor di layar desktop. Diberi nama mouse karena bentuknya yang menyerupai tikus.

3. Scanner



Alat input yang berfungsi untuk menduplikat/mengcopy teks dari Kertas. Scanner merupakan kebalikan dari printer yang berfungsi untuk mencetak dokument, tulisan atau gambar. Terkadang alat ini disatukan dengan printer.

4. Joystick 


Alat berfungsi menggerakkan/melakukan pilihan dan aksi-aksi lainnya yang berhubungan dengan permainan atau kita kenal dengan game.

5. Camera digital 



Alat input gambar/image. Untuk memasukkan hasil jebertan camera kedalam laptop atau pc, bisa menggunakan kabel USB atau Card Reader.

6. Microphone 



Alat ini digunakan sebagai input suara. Perangkat Laptop biasanya sudah memiliki mcrophone bawahan yang tertanam, sedangkan untuk PC kebanyakan bersifat external dan dijual terpisah.

8. Touch pad 



Gunanya sama seperti mouse (untuk menggerakkan cursor), bedanya touch pad digunakan pada laptop, dan sangat jarang digunakan untuk PC dikarenakan biasanya alat ini sudah menyatu dengan badan Laptop.

7. Touch screen 

Digunakan untuk memberi instruksi kedalam komputer sama seperti mouse ataupun Touch Pad. Bedanya alat ini dioperasikan dengan cara disentuh. Touch Screen ini dikenal sebagai layar sentuh, yang sudah banyak di adaptasi oleh smartphone. Untuk PC ataupun Laptop juga sudah mulai mengadaptasi Touch Screen, walaupun belum terlalu banyak.


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment