X

Thursday, October 3, 2019

Mengenal Bahasa Pemrograman Objective-c



Objective-c merupakan bahasa pemrograman yang bersifat object-oriented dan reactive. Bahasa ini digunakan pada Mac OS X serta smartphone iPhone.

Objective-c termasuk kedalam bahasa pemrograman yang berorientasi objek atau yang kita kenal dengan OOP (Object Oriented Programming). Smaltalk merupakan bahasa pemrograman yang menjadi dasar dari bahasa Objective-c.

Bahas pemrograman Objective-c dikembangkan khusus agar dapat digunakan dengan framework Cocoa (framework yang dikembangkan oleh apple).

Awalnya Objective-c dibuat bersamaan dengan berdirinya perusahaan Stepstone pada tahun 1980 yang dibuat oleh Brad Cox dan Tom Love. Di tahun 1981, Cox dan Tom diperkenalkan kepada Smalltalk di ITT Corpoation's Programming Center. Cox yang tertarik dengan masalah reuseability pada pembangunan perangkat lunak lantas melakukan modifikasi pada compiler c untuk menambah kemampuan smalltalk.

Sekarang ini Apple sebagai pengembang bahasa Objective-c memang sudah memiliki bahasa Swift untuk mempermudah membangun aplikasi mereka. Akan tetapi menurut survei yang telah dilakukan Stack Overflow, Objective-c masih menjadi bahasa pemrograman yang populer di dunia pemrograman.


Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment