X

Tuesday, October 1, 2019

Pengertian API (Aplication Programming Interface) – Coding Rakitan



API singkatan dari (Aplication Programming Interface) tentunya tidak asing ditelingan para programer. Khusunya untuk developer android, yang seringkali menggunakan API dalam pembuatan projectnya.

API bisa diartikan sebagai antarmuka pemrograman aplikasi dimana bisa berbentuk fungsi, method atau URL endpoint.

Baca juga :
       Pengertian Method dalam Dunia Pemrograman.

Pengertian lainnya adalah suatu sitem untuk komunikasi atau penghubung ke software lainnya. Contohnya disini pengguanaan API Google Maps, programer bisa menggunakan API ini untuk menghubungkan aplikasinya dengan aplikasi Maps yang disediakan oleh Google tanpa harus membangun maps sendiri dari awal.

Baca juga :
Cara Menggunakan API Google Maps di Website.

Pengguanaan API bertujuan untuk mempermudah pembuatan satu aplikasi, dimana suatu fungsi dalam API bisa dipanggil dengan mudah tanpa membangun koding dari nol untuk.

Perkembangan API dimulai dari pembuatan sebuah subrutin sederhana yang memiliki kemampuan interoeperability dan system modifiability untuk mendukung pertukaran data antar beberapa aplikasi.


Keuntungan menggunakan API

Ada beberapa keuntungan yang bisa di dapatkan developer dalam menggunakan API pada project yang di kerjakan diantaranya seperti :

1. Lebih praktis dan mudah dimengerti 

API menggunakan konsep yang lebih terstruktur sehingga lebih gampang dimengerti daripada System Call. System Call merupakan penyedia antarmuka dari peleyanan-pelayanan yang tersedia dengan Sistem Operasi.

2. Portabilitas 

Portabilitas artinya dapat dipakai dalam berbagai macam bahasa pemrograman. Asalkan sistem operasi yang digunakan sudah terinstall API yang digunakan maka program dapat dijalankan pada sistem oparasi tersebut.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment