X

Tuesday, October 1, 2019

Inilah Perbedaan Windows 32-bit dengan 64-bit



Windows menjadi OS (Operating System) komputer paling banyak digunakan di Indonesia. Dilansir dari gs.statcounter.com, pangsa pasar Windows di Indonesia mencapai 33.9%.

Pengguna windows yang banyak ini tentunya belum semuanya tahu tentang perbedaan windows 32 bit dan 64 bit. Meskipun mereka sudah menggunakan windows bertahun-tahun lamanya.

Ketika dihadapkan pada pilihan aplikasi 32 bit atau 64 bit, mereka baru bingung memilih yang mana. Jadi jumlah bit pada aplikasi tersebut merujuk pada jumlah bit OS Windows yang digunakan. Untuk mengetahui apa bedanya silahkan simak.

Perbedaan Windows 32-bit dengan 64-bit

  • Jumlah Ram
  • Jumlah maksimal RAM (Random access memory) yang digunakan menjadi perbedaan yang sangat mencolok. Windows 32 bit memiliki batasan RAM maksimal kurang dari 4 GB (sekitar 3,2 GB).

    Sedangkan windows yang berbasis 64 bit mampu membaca RAM kurang dari atau lebih dari 4 GB. Jadi jelas jika anda menambah atau mengganti RAM menjadi 4 GB atau lebih, anda harus melakukan instalasi ulang ke windows 64 bit agar semua kapasitas RAM bisa digunakan.
  • Kompatibilitas Software
  • Aplikasi 64 bit tidak bisa di jalankan di Windows 32 bit, aplikasi yang bisa di jalankan hanya yang berbasis 32 bit juga. Sedangkan untuk Windows 64 bit bisa menjalankan keduanya yakni aplikasi 32 bit maupun 64 bit.
  • Performa processor
  • Ditinjau dari performa processor, 64 bit lebih unggul dibandingkan 32 bit. Hal ini membuat Windows 32 bit lebih cocok digunakan untuk pekerjaan ringan.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

0 comments:

Post a Comment